SEJARAH PENDIRIAN TK ABA KAIRO

28 April 2020 13:02 WIB | dibaca 236 | oleh: Aisyiyah (TK ABA Kairo)

‘Aisyiyah sebagai organisasi perempuan muslim berkemajuan memiliki fokus terhadap kemajuan pendidikan. Hal tersebut tampak dari kepedulian ‘Aisyiyah yang mendirikan tingkat pendidikan sejak usia dini hingga perguruan tinggi.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ‘Aisyiyah sendiri telah berkembang di berbagai penjuru Indonesia dan luar negeri. Salah satunya adalah Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Kairo. TK ABA Kairo adalah salah satu amal usaha yang telah didirikan oleh Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Mesir sejak Agustus 2007.

TK ABA Kairo didirkan atas dasar tiga hal, yaitu pertama, rasa kepedulian terhadap anak bangsa yang bermukim di Kairo. Kedua, tidak adanya fasilitas yang sesuai dengan karakter anak-anak Indonesia yang mampu mewadahi minat dan bakat anak. Ketiga, niat dan semangat yang besar untuk berlomba dalam kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain.

Tahun 2007, menjadi awal mula Anis Dyah Puspita, Ketua PCIA saat itu membuat program sekolah musim panas anak-anak Masisir atau yang dinamakan dengan Summer School  for Children (SSFC 1) yang dikepalai oleh Laila Masnun. Acara tersebut berjalan lancar dan respon dari wali murid juga sangat bagus, sehingga di tahun 2008 diagendakan kembali untuk kedua kalinya.

Pada tahun 2009, pengurus SSFC tak ingin lagi melanjutkan program sekolah musim panas yang bersifat temporer. Pengurus PCIA melihat perlu adanya sekolah untuk membina pendidikan anak lebih intens akhirnya diputuskanlah untuk mendirikan TK ABA Kairo. Pada akhirnya, tanggal 9 Agustus 2009, sejarah mencatat TK ABA pertama di Mesir (bahkan di dunia) berdiri.

Setelah setahun berjalan dan banyaknya kendala yang dihadapi, pada tanggal 11 April 2010, TK ABA Kairo diresmikan oleh Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Prof. Dr. Chamamah Suratno. Lalu tahun-tahun berikutnya menjadi tahun perbaikan dan evaluasi untuk TK ABA Kairo.

Tahun 2020 ini menjadi tahun diperingati berdirinya TK ABA Kairo. Sampai saat ini, TK ABA Kairo telah melaksanakan wisuda sebanyak enam kali dan telah meluluskan lebih dari 50 anak Indonesia yang memiliki kecakapan dalam belajar, dan telah melanjutkan ke jenjang selanjutnya di Sekolah Indonesia Kairo (SIC), dan sebagian lain kembali ke tanah air, Indonesia.

Sumber: instagram TK ABA Kairo