UNISA Yogyakarta Keluarkan Panduan Protokol Kesehatan Jelang Kehadiran Mahasiswa

23 Juni 2020 13:43 WIB | dibaca 112

Yogyakarta -- Menjelang kedatangan mahasiswa, Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta telah mengedarkan surat berisi panduan protokol kesehatan yang harus dilakukan para mahasiswa. Beberapa protokol tersebut antara lain membawa hasil rapid test yang menunjukkan non reaktif dan surat keterangan sehat.

Selain itu, mahasiswa juga harus melapor kepada RT/RW/Dusun di tempat tinggalnya di Yogyakarta dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Para mahasiswa juga harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Intinya protokol kesehatan ditaati,” ujar Ketua Satgas Covid-19 UNISA Yogyakarta, Fitria Siswi Utami pada Senin (22/6).

Masa Ta’aruf mahasiswa baru sendiri dijadwalkan pada tanggal 14-19 September dan dilaksanakan secara daring (online). Awal perkuliahan dilaksanakan pada tanggal 21 September dan masih berbasis online.

Kedatangan mahasiswa di kampus UNISA Yogyakarta dibagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama dijadwalkan pada bulan Juli dengan perkiraan sejumlah 230 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) yang akan melakukan praktik profesi di rumah sakit.

"Tahap kedatangan selanjutnya dalam jumlah besar, baik mahasiswa lama maupun baru pada bulan November 2020,” terang Fitri.

Menurut Fitria, agar protokol pencegahan Covid-19 dapat dilaksanakan dengan baik, dalam waktu dekat kampus bersama para dukuh akan menjalin komunikasi dengan para pemilik kos/rumah kontrakan terkait sosialisasi persiapan kedatangan mahasiswa.

Rektor UNISA Yogyakarta, Warsiti menjelaskan bahwa beberapa mahasiswa Fikes akan kembali ke Yogyakarta untuk melakukan praktik profesi di rumah sakit pada bulan Juli mendatang.

“Beberapa rumah sakit mitra sudah menyatakan kesiapannya menerima mahasiswa UNISA Yogyakarta yang akan melakukan praktik,” ungkapnya.

Rumah sakit tersebut di antaranya RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Gamping, dan RS PKU Muhammadiyah Bantul.

Sumber: dari berbagai sumber