UNISA Hadirkan Wakil Presiden RI dalam Kuliah Kebangsaan

10 Oktober 2019 12:17 WIB | dibaca 384

Sleman -- Tahun 2019 menjadi tahun ke tiga bagi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta berstatus sebagai universitas. Warsiti, Rektor UNISAYogyakarta kembali menyampaikan salah satu capaian perkembangannya yang signifikan, yaitu semakin meningkatnya jumlah mahasiswa UNISA. “Usianya yang baru menginjak tiga tahun sebagai universitas, UNISA saat ini telah memiliki 6104 mahasiswa, 124 mahasiswa asing, dan 2045 mahasiswa baru dari 20.000 pendaftar” ungkap Warsiti.

Sebagai perayaan milad ke 28 tahun, UNISA menghadirkan Wakil Presiden Republik Indonesia , Dr. (H. C) Drs. Muhammad Jusuf Kalla untuk mengisi Kuliah Kebangsaan bertajuk “Mendidik Generasi Unggul Cendekia Untuk Kemajuan Bangsa.”

Warsiti menyampaikan bahwa Kuliah Kebangsaan bersama Wakil Presiden RI merupakan puncak acara Milad ke-28 UNISA sekaligus penyambutan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020.

Ia pun menyampaikan bahwa maksud dari tema yang diangkat, UNISA berkeyaninan sebagai lembaga pendidikan tinggi memiliki peran yang strategis dalam mencetak generasi unggul yang tidak hanya pintar dan terampil tetapi juga memiliki pemahaman kebangsaan. “UNISA akan menjadi kampus unggul yang akan menghasilkan lulusan yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan bangsa kedepannya,” katanya penuh harap.

Sementara itu, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini mengatakan pembekalan wawasan kebangsaan yang disampaikan Wakil Presiden sangatlah penting diberikan kepada generasi muda terutama mahasiswa baru UNISA. Ia pun meminta peserta untuk menyimak apa yang disampaikan Wakil Presiden.

Noordjannah menambahkan, kehadiran Wakil Presiden menjadi rasa syukur tersendiri bagi ‘Aisyiyah. “Kehadiran Wapres memberikan semangat bagi ‘Aisyiyah untuk ikut bersama mencerdaskan kehidupan bangsa melalui amal usaha di bidang pendidikan dari PAUD sampai pendidikan tinggi yang salah satunya Universitas ‘Aisyiyah ini,” tuturnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan hal yang senada untuk meminta peserta menyimak apa yang disampaikan Wakil Presiden RI dan bersyukur atas kehadirannya. “Kepada adik-adik mahasiswa mohon disimak betul apa yang akan disampaikan bapak Wakil Presiden. Bersyukurlah karena tidak banyak universitas termasuk Muhammadiyah yang dihadiri tokoh penting negeri ini,” ucapnya diiringi tepuk tangan peserta kuliah kebangsaan.

Selain itu, ucapan selamat dan untaian do’a milad datang dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diwakili Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X. “Semoga UNISA dalam usia menginjak dewasa dapat tetap eksis dan memberikam manfaat bagi lingkungan. Rasa syukur bangga menjadi semangat untuk terus menancapkan kemauan ikhtiar yang lebih tegas bagi Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan. UNISA tidak hanya hadir sebagai universitas tetapi juga hadir untuk kepentingan kemanusiaan semesta, Kami harap UNISA tetap menjaga komitmennya sebagaui universitas yang unggul dan berkemajuan,” pungkasnya. (AAM)

sumber foto: muhammadiyah.or.id