Unimus dan PCIM-PCIA Malaysia Teken MoU Kerjasama Pemberdayaan Masyarakat

11 Februari 2020 18:06 WIB | dibaca 289

Malaysia -- Bertempat di Rumah Dakwah PCIM Malaysia Gombak Malaysia, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PCIM-PCIA) Malaysia bersama Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menandatangani Memorandum Kesepahaman (MoU) pada Jum’at (7/2). Kerjasama dilaksanakan terkait pemberdayaan masyarakat di Malaysia.

Penandatangan MoU diawali dengan sarasehan dan kajian tentang Pemberdayaan ‘Aisyiyah oleh Dr. Eny Winaryati, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unimus. Peserta sarasehan malam itu adalah ibu-ibu ‘Aisyiyah Malaysia dan sebagian pengurus PCIM dan PCIA Malaysia. Dalam kesempatan itu, Dr. Eny yang juga Wakil Ketua Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah mengulas peran penting para pendahulu 'Aisyiyah dalam memberdayakan kaum wanita.

Doktor dalam bidang pendidikan matematika ini menawarkan beberapa program pemberdayaan untuk ‘Aisyiyah di Malaysia seperti pelatihan kewirausahaan, ilmu bisnis, dan keterampilan membatik. Sementara itu ketua PCIA Malaysia Nita Nasyithah M.Ed menyambut baik inisiatif Unimus dan PWA Jawa Tengah. Menurut Nita ibu-ibu ‘Aisyiyah Malaysia yang memiliki berbagai profesi dan kegiatan selalu antusias untuk mempelajari ilmu dan ketrampilan baru. Keterampilan membatik bisa menjadi skill unggulan dimasa depan menambah skill yang sudah dikembangkan di PCIA Malaysia seperti ilmu bekam, akupunktur, acupressure, skill menulis, komunikasi publik dan lain-lain.

 

MoU yang ditandatangani malam itu memiliki kesepakatan penting, di antaranya kerjasama dalam bidang pemberdayaan dan pelayanan masyarakat. Pada praktiknya, pemberdayaan ini bisa dilakukan dalam bentuk memfasilitasi pendidikan dan pelatihan warga PCIM Malaysia dalam berbagai bidang. Seiring dengan itu, Unimus juga berminat untuk menjalankan kegiatan mobility bagi mahasiswa dan stafnya baik dalam bentuk KKN maupun kegiatan lainnya. MOU ditandatangani oleh Dr. Sonny Zulhuda mewakili PCIM Malaysia dan Prof. Dr. Masrukhi (Rektor Unimus) yang diwakili oleh Dr. Eny Winaryati.

Sumber: unimus.ac.id