TK ABA Raih Muhammadiyah Award Kategori Guru dalam Resepsi Milad Muhammadiyah

24 November 2016 10:44 WIB | dibaca 1114

Kamis (17/11) Muhammadiyah menggelar malam puncak resepsi Milad ke 104. Acara yang berlangsyng di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tersebut mengambil tema Membangun Karakter Indonesia Berkemajuan.

Dijelaskan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. H. Haedar Nashir M.Si, membangun karakter yang dimaksud oelh Muhammadiyah ialah membentuk kepribadian yang khas berbasis nilai-nilai islam Al-Akhlak Al-Karimah untuk melahirkan sosok insane muslim Indonesia yang berbuat kebajikan-kebajikan, dan berbuat baik diseluruh lingkungan.

Haedar mengatakan bahwa bangsa Indonesia yang mayoritas muslim harus dibangun atas pribadi-pribadi yang berkarakter mulia seperti kuat memegang prinsip kebenaran, berbuat berbagai macam kebaikan, dan menepati batas-batas kepantasan dalam kehidupannya berinteraksi dengan sesame dan lingkungannya.

Karakter insane berkemajuan sangatlah diperlukan bagi Indonesia saat ini, Haedar menegaskan bahwa kedepannya hal ini penting untukm menuju Indonesia berkemajuan. “Pada saat ini dunia berada di era perkembangan yang semakin dinamis. Hal tersebut mendorong kemajuan peradaban yang membawa dampak positif dan juga negative,” Ungkap Haedar.

Lanjut Haedar, karenanya dengan upaya melakukan pembangunan karakter bangsa, Muhammadiyah sedang dan akan terus meningikatkan peran dakwah, dan tajdid, pencerahan menuju terbentuknya keadaban bangsa yang berkemajuan.

“Muhammadiyah dan segenap elemen bangsa dituntut untuk menyelamatkan generasi masa depan dari virus yang meruntuhkan karakter utama, seraya membimbing anak-anak bangsa dengan basis iman dan ilmu,” Ucap Haedar.

Pada milad tersebut juga diberikan Muhammadiyah Award untuk sekolah-sekolah berprestasi inovatif dan para pendidik yang berkhidmat sepenuh hati, hal itu merupakan wujud apresiasi Pimpinan Pusat untuk pengembangan  usaha-usaha membangun keunggulan menuju Muhammadiyah berkemajuan.

Dari sekian banyak yang mendapatkan penghargaan diantaranya ada guru-guru TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal yang menerima penghargaan dalam bidang pendidikan, seperti Pujiyati, S.Pd. dari TK ABA Ngloro Saptosari, Gunung Kidul yang mengabdi sejak tahun 1989 juga aktif di Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah juga Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Gunung Kidul.

Selanjutnya, Sukarmi dari TK ‘Aisyiyah Bloran Kerjo, Karanganyar, yang lokasi mengajarnya dari kota sejauh 25 km di daerah pegunungan, Sukarmi telah mengabdi di TK ‘Aisyiyah Bloran Kerjo selama 36 tahun.

Pada kesempatan tersebut Ketua Umum Pimpinan P usat ‘Aisyiyah Dra. Hj. Siti Noordjannah Djohantini, M.M., M.Si juga berkesempatan menyerahkan hadiah secara langsung kepada peraih Muhammadiyah Award. Resepsi milad juga turut diisi dengan berbagai serangkaian acara,  diantaranya penampilan Da’i cilik Wildan, Penampilan sendratari kolosal 250 Pelajar Muhammadiyah, dan juga Penampilan Seni Tari Tradisional Madihin dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. [NKA]