Tips Siap Dampingi Anak Sekolah Dari Rumah

20 September 2020 07:27 WIB | dibaca 83

YOGYAKARTA – Kondisi pandemi memberi tantangan tersendiri bagi orang tua dan guru, dimana pembelajaran sekolah dilakukan dari rumah. Dalam Covid-19 Talk on TV pada Selasa (18/8), Psikiater RS PKU Muhammadiyah Gamping Rr. Tesaviani Kusumastiwi memberikan solusi bagi persoalan tersebut. Ia menekankan agar para orangtua bersikap siap, adaptif dan kreatif dengan sarana apapun yang dimiliki.

Tesaviani turut menyarankan agar para orangtua untuk menurunkan target belajar anak sesuai dengan kondisi dan kemampuan anak. Bahkan keterpaksaan di masa pandemi justru dapat membuat orangtua mengetahui kecenderungan karakter cara belajar anak-anak mereka lebih dalam.

“Dengan menurunkan target kita bisa jauh lebih tenang apalagi setiap anak punya proses belajar yang berbeda-beda,” tutur Tesa.

Kedua, para orangtua menurut Tesa perlu untuk mengatur jadwal belajar anak secara konsisten, menyesuaikan dengan kesibukan dan fokus lain mereka semisal pekerjaan dan mengurus rumah.

Hadiah dan hukuman menurut Tesa juga patut dilakukan untuk merangsang gairah belajar anak, termasuk membiarkan anak mengambil jeda bermain agar ada penyegaran bagi konsentrasi dan fokus mereka.

“Setiap orangtua wajib mendampingi. Orangtua punya peran sangat aktif. Tapi orangtua juga perlu me time (waktu khusus untuk sendiri),” pesan Tesa agar orangtua tak terlalu merasa berat dan penat dalam menjalankan amanah tersebut, sehingga pendampingan belajar yang diberikan terhadap anak dapat optimal.

“Jangan sampai mendampingi anak dalam kondisi yang tidak happy. Kenyamanan anak sangat perlu diperhatikan,” imbuh dokter umum RSUD Sleman Diniyyah Luthfiana.

Sumber: muhammadiyah.or.id