TB HIV Care 'Aisyiyah Kabupaten Gresik Menggelar Agenda Gerakan Advokasi Kebijakan Terkait Isu Kesehatan

26 September 2017 20:27 WIB | dibaca 258

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Gresik melalui tim SSR TB HIV Care ‘Aisyiyah melakukan gerakan Advokasi kebijakan terkait isu-isu di bidang kesehatan, kegiatan yang di laksanakan di hotel Pesonna Gresik  ini di laksanakan selama dua hari tanggal 23-24 September 2017.

Diungkapkan oleh Noval selaku tim Muhammadiyah Again Tb In Children, dalam kegiatan ini ‘Aisyiyah menggandeng beberapa organisasi lintas profesi antara lain, Ikatan Dokter Indoenesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Muslimat NU, Fatayat NU, dan Angkatan Muda Muhammadiyah se Kabupaten Gresik.

 Siti Zaenab selaku pengurus Fatayat NU Kabupaten Gresik ketua yang membidangi kesehatan,  mengungkapkan bahwa ia memberi apresiasi kepada langkah dan program TB HIV Care yang di lakukan oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Gresik, ini merupakan program nyata yang sangat bermanfaat bagi warga Gresik, selama ini masyarakat kurang mendapatkan perhatian dan pendampingan dengan adanya ‘Aisyiyah maka ada semangat baru bagi para kader dalam melakukan pendampingan menganai TB HIV di Kabupaten Gresik.

 “Saya berharap program kerja sama ini bukan hanya di bidang TB HIV saja, harapan kami bisa bersinergi dengan kegiatan lain seperti PHBS, dan program yang lain nya yang bias bermanfaat bagi Ummat,” lanjut Zaenab.

Senada dengan Zaenab, Yekti Asih selaku pengurus PKK Kabupaten Gresik Pokja IV yang membidangi kesehatan, sangat mengapresiasi sekali terhadap aksi nyata yang di lakukan oleh PDA Kabupaten Gresik mengenai Program penanggulangan TB HIV di Kabupaten Gresik, melihat data yang ada Kabupaten Gresik merupakan urutan ke tiga tertinggi di Jawa Timur mengenai kasus TB, sehingga dengan adanya program ‘Aisyiyah ini di harapkan dapat menekan angka kasus pasien TB di kabupaten Gresik.

Diungkapkan oleh Noval, dalam pertemuan kali ini, ‘Aisyiyah juga mengharapkan dukungan dari seluruh organisasi lintas profesi untuk dapat mengawal dan membidani lahirnya sebuah PERDA (peraturan daerah) mengenai TB HIV di Kabupaten Gresik, hal ini menjadi agenda penting dan perlu di kawal secara serius oleh rekan-rekan, dalam sebuah pengarahan nya Noval yang juga turut mengawal kegiatan ini, berharap dukungan dan ide serta gagasan dari mitra  dan rekan-rekan lintas profesi sehinga dapat melahirkan sebuah payung hukum yang jelas mengenai advokasi bidang kesehatan khususnya TB dan HIV di Kabupaten Gresik.

 Pada pertemuan kali ini juga terbentuk sebuah keputusan bersama yakni FGBT (Forum Gresik Bebas TB) yang di inisasi oleh teman-teman dalam pertemuan tersebut, dengan harapan forum tersebut menjadi wadah organisasi lintas profesi yang konsen dalam perjuangan mengawal dan peduli terhadap penyakit TB HIV di Kabupaten Gresik. (Nofaldi/Karima)