TB Care Aisyiyah Sebagai Ujung Tombak Berantas TB

05 Oktober 2018 11:45 WIB | dibaca 153

SLAWI  TB Care 'Aisyiyah mengadakan pelatihan kader komunitas untuk membentuk kader yang terampil dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan TB di masyarakat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 39 para kader TB Care 'Aisyiyah Kabupaten Tegal dan bertempat di Hotel Grand Dian Slawi pada Ahad (30/9).  

Abdul Ghofar selaku Ketua Program Kegiatan Fasilitator mengatakan bahwa training ini bertujuan untuk menemukan kasus aktif investigasi kontak. Setelahnya, para peserta akan secara langsung praktik ke lapangan untuk mensosialisasikan bahaya TB.

“Kader sebagai ujung tombak kesuksesan dalam pemberantasan TB mempunyai peran yang sangat penting karena merekalah yang akan turun langsung dan aktif menjangkau masyarakat. Semoga dengan adanya training kader ini, semakin banyak masyarakat yang terindikasi gejala TB dapat segera teratasi dan dapat disembuhkan, sehingga akan tercipta masyarakat yang sehat yang terbebas dari TB,” ungkapnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kab Tegal Hendadi Setiaji, jumlah kasus TB yang ditemukan sekitar 1.616 kasus. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegalmelakukan berbagai macam upaya  dengan program-program yang sudah digerakan untuk menanggulangi kasus-kasus TB secara aktif.  

“Kami menghimbau agar setiap Puskesmas dapat kerjasama dengan ormas untuk ikut mensosialisasikan tentang bahaya TB.  Dinas Kesehatan juga  telah berupaya melibatkan  ormas misalnya dari Aisyiyah, Muhammadiyah, NU  untuk ikut serta membantu mensosialisasikan bahaya TB di kalangan masyarakat kab Tegal,” paparnya. (nisa)

Kontributor: Riza Awal

Sumber: muhammadiyah.or.id