Sekolah Kader 'Aisyiyah Jadikan Kader Tangguh Dan Cerdas

16 Januari 2020 13:21 WIB | dibaca 86

Sumatera Utara -- Kolaborasi Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) dalam mewujudkan perempuan cerdas dan berkemajuan muncul dari pertemuan kegiatan konsolidasi Pimpinan PDA se-Sumatera Utara (Sumut) di jalan Demak Medan beberapa bulan lalu yang diadakan oleh Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Sumut.

Duduk berdampingan di antaranya PDA Tebing Tinggi, PDA Pematangsiantar, PDA Simalungun dan PDA Serdang Bedagai. Pimpinan PDA Tebing Tinggi, Elida Hanim bercerita kepada Ketua Majelis Kader PWA Sumut, Dra. Hayati, S.Pd, M.Si mengenai rencananya yang akan mengadakan kegiatan Sekolah Kader berkolaborasi dengan 4 PDA tersebut pada tanggal 3-4 Januari 2020 bertempat di Pematangsiantar.

"Rencana kegiatan ini terinspirasi dari hasil output pelatihan kepemimpinan dan sekolah kader yang diadakan beberapa bulan sebelumnya, dihadiri oleh PDA se-Sumut. Alhamdulillah disambut dengan hangat, perhelatan di persiapkan, saling berkomunikasi dan membangun konsolidasi agar lebih matang dengan harapan membawa hasil dan ridho Ilahi," ungkap Elida saat itu.
 
Materi Pokok Sekolah Kader sendiri telah diramu dalam kurikulum dan silabus yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat (PP) 'Aisyiyah, yaitu: Ideologi Muhammadiyah; Nilai Dasar Perjuangan 'Aisyiyah & Tantangannya; Negara Pancasila Sebagai Dar al-Ahdi Wa Al Syahadah; Islam, Perempuan Dan Isu Global; Tafsir dan Implementasi Muqaddimah Anggaran Dasar - Anggaran Rumah Tangga 'Aisyiyah; Manhaj Muhammadiyah; Adabul Mar'ah Fil Islam; Visi - Misi 'Aisyiyah; Keluarga Sakinah dan Qaryah Thoyyibah; Strategi Penguatan Gerakan 'Aisyiyah; serta PHIWM - Mengelola Amal Usaha dan Pengembangan Profesi.
 

Sedangkan khusus untuk pelatihan kepemimpinan materi Dasarnya: Kepemimpinan; Kepemimpinan Tumbuh Dari Hati.; Mengenal Potensi Diri Dan Organisasi; Kepemimpinan Dan Intuisi; Visi, Keteguhan Hati & Harmoni; Pemimpin Kader 'Aisyiyah Dalam 1 Abad; Membangun Kapasitas 'Aisyiyah Ranting Dalam Masyarakat; Etos Kerja; Islam, Perempuan & Kepemimpinan Berkemajuan; dan kegiatan juga diwarnai dengan outbond yang menggembirakan, thaharatul qulub yang menyejukkan qolbu.

Peserta merasakan bahwa pelatihan penuh inspiratif, terungkap dari kesan pesan kedua peserta mewakili dari kepemimpinan dan dari sekolah kader.

"Semoga saja pelatihan ini benar-benar mencerdaskan perempuan yang tangguh bagi 'Aisyiyah dan bagi perempuan lain umumnya," harap Elida. (Majelis Pembinaan Kader PWA Sumut)

Sumber: sumut.aisyiyah.or.id