SAY Gelar Pelatihan Literasi Informasi

05 Februari 2016 17:07 WIB | dibaca 832

Mahasiswa Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta saat mengikuti pelatihan (Foto : Dok. Stikes)

 

Rabu, 3 Februari 2016, Perpustakaan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta mengadakan Pelatihan Literasi Informasi. Kegiatan kali ini ditujukan bagi perwakilan seluruh organisasi mahasiswa yang ada di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta.  Peserta juga berasal dari seluruh Prodi yang ada, mulai jenjang Diploma III,  Diploma IV, dan Sarjana. Bagi mahasiswa Strata 2, pelatihan literasi sudah masuk dalam kegiatan pra akademik.

Kegiatan ini sangat mendukung peningkatan atmosfir akademik bagi civitas akademika. Materi yang diberikan dalam pelatihan oleh pembicara, Irkhamiyati, MIP antara lain adalah: a). memotivasi mahasiswa agar lebih meningkatkan pemanfaatan layanan perpustakaan; b). Pentingnya literasi informasi bagi mahasiswa; c). Cara mengakses koleksi melalui OPAC/Online Public Acces Cataloguing, jurnal, e-journal, dan e-reshourches lainnya, d).Trik dan tips agar cepat dan tepat dalam penelusuran informasi, e). Penelusuran berbagai sumber iformasi elektronik, dan f). Media penyimpanan informasi.

Pembicara mengajak semua peserta untuk menyampaikan informasi yang sudah diperoleh dalam pelatihan tersebut kepada orang lain, agar ilmu baru tersebut lebih bermanfaat dan tersebar luas. Pembicara juga mengajak peserta untuk banyak memanfaatkan e-reshources gratis yang sudah dilanggankan oleh Dikti, PNRI, BPAD melalui jogjalib.com, dsb.