Sasar Masyarakat Lebih Luas, 'Aisyiyah Pangkep Gelar Lomba Duta Kespro

07 November 2017 17:50 WIB | dibaca 485

Berbagai cara 'Aisyiyah lakukan untuk sebanyak mungkin menyebarkan informasi kepada masyarakat mengenai kesehatan reproduksi khususnya kanker serviks dan kanker payudara. Salah satu cara dilakukan oleh Program MAMPU 'Aisyiyah Pangkep yang menggelar lomba duta kanker (22/10) dalam salah satu rangkaian kegiatan pra Pink Day 2017.

Disampaikan oleh Nhany selaku Koordinator Program MAMPU 'Aisyiyah Pangkep bahwa lomba duta kanker adalah ajang pemilihan masyarakat yang peduli, dan mau berbagi informasi mengenai isu kesehatan reproduksi. Tujuan dilaksanakannya lomba duta kanker ini adalah untuk meningkatkan semangat para perempuan komunitas binaan 'Aisyiyah yakni Balai Sakinah 'Aisyiyah agar bisa semakin berperan aktif di masyarakat. "Ini merupakan salah satu cara yang 'Aisyiyah tempuh untuk semakin mendekatkan isu kespro kepada masyarakat, karena kalau orang terdekat yang berbicara maka akan lebih mudah dipercaya termasuk untuk isu kespro ini," ujar Nhany.

Lomba duta kespro ini menilai 15 peserta yang berasal dari 10 desa/kelurahan dampingan program MAMPU 'Aisyiyah dimana mereka masing-masing membuat materi kampanye atau sosialisasi terkait kanker serviks, kanker payudara atau ASI eksklusif. Pemenang adalah yang berhasil meraih nilai tertinggi juri dari kriteria isi materi, penampilan serta bahasa.

Kedepannya pemenang terpilih akan membantu mengkampanyekan kespro dan diharapkan akan bisa menjangkau masyarakat di sekitar mereka. "Para pemenang nantinya akan bekerjasama dengan 'Aisyiyah juga bidan dari puskesmas setempat untuk mengkampanyekan kesehatan reproduksi kepada masyarakat yang ada di desa atau kelurahan atau ranting 'Aisyiyah atau kelompok BSA mereka," terang Nhany. (Suri)