RS PKU Muhammadiyah Gamping Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Ibu dan Anak

18 Februari 2020 09:29 WIB | dibaca 327

Dalam serangkaian kegiatan Miladnya ke 11, RS PKU Muhammadiyah Gamping yang berada di Jalan Wates Km 5,5 Ambarketawang, Gamping Sleman meresmikan klinik keluarga Sakinah. Ruang baru ini khusus  dibangun  untuk klinik anak-anak serta klinik ibu dan kandungan. Peresmian Klinik Keluarga Sakinah dibuka  dengan pemotongan pita, pada hari ini Senin, 17 Pebruari 2020 oleh H. Budi Setiawan, ST selaku Badan Pembina Harian RS PKU Muhammadiyah Gamping yang disaksikan  jajaran direksi, para pejabat struktural, dokter, serta civitas hospitalia RS PKU Muhammadiyah Gamping dengan upacara  hikmad.

Budi Setiawan mengatakan, “Bertepatan dengan rangkaian Milad yang ke 11, RS PKU Muhammadiyah Gamping ini  ingin mewujudkan bentuk kesyukurannya  dalam sebuah kebaikan, salah satunya adalah dengan peningkatan kualitas pelayanan, dalam hal ini adalah pelayanan untuk ibu dan anak”.

Selama ini pelayanan kesehatan terutama untuk anak-anak  di klinik anak dan ibu berada bersama-sama dengan klinik yang lain, berdekatan dengan penyakit orang dewasa, padahal di klinik anak itu juga, untuk anak dan bayi yang  sehat, oleh karena itulah upaya pemisahan ini sebuah keniscayaan sebagai peningkatan layanan bagi ibu dan anak, dilengkapi dengan sarana prasarana memadai, dan akan dipenuhi bertahap, demikian lanjutnya.

Budi Setiawan menyampaikan, “peningkatan pelayanan ini akan terus dilakukan karena di era sekarang  tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bentuk persaingan pelayanan antar Rumah sakit sangat ketat, sehingga diupayakan sungguh-sungguh membuat kenyamanan bagi pasien adalah yang utama”. Dari sekilas pembicaraan bersama beberapa pasien yang membawa anak dan bayinya,  para orang tua mengatakan mereka merasa aman dan nyaman karena ada sarana bermain untuk anaknya sehingga lebih tenang dan terhibur serta tidak merasa ragu-ragu khawatir lagi karena bercampur dan berdekatan dengan orang banyak”, demikian ungkapnya.

“Klinik ini dibangun dengan  tujuan  untuk  memfasilitasi kebutuhan anak dan ibu dalam satu pintu, agar lebih nyaman. Upaya pengerjaan dan persiapannya cukup singkat , supaya bisa dapat difungsikan segera sehingga bila terdapat hal-hal yang belum sempurna, maka akan disempurnakan secara bertahap”, sebagaimana yang disampaikan  dr. H. Ahmad Faesol, Sp.Rad. M.Kes.,MMR dalam sambutannya selaku Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Dalam penjelasannya, Ahmad Faesol mengemukakan, bahwa RS PKU Muhammadiyah Gamping telah tersertifikasi Standar Islami Rumah Sakit Muhammadiyah Aisyiyah (SIRSMA) pada tahun 2019. Karena salah satu komponen yang harus terpenuhi  adalah membentuk dan memberikan layanan kepada masyarakat luas berupa Klinik Keluarga Sakinah. Klinik Keluarga Sakinah ini memberikan pelayanan dalam beberapa hal, diantaranya  yaitu, yang pertama  pelayanan kesehatan pada ibu hamil, yang kedua  mempersiapkan pembentukan keluarga atau mengawali pernikahan dengan memberikan layanan konsultasi memasuki mahligai berkeluarga secara baik dan sehat bagi calon pengantin , konsultasi imunisasi bagi calon ibu, bagi  ibu dan anak-anak. Sedangkan untuk layanan kesehatan bagi bayi adalah dengan memantau kesehatan bayi sejak dalam kandungan, memberikan imunisasi untuk kekebalan tubuhnya, memantau perkembangan tumbuh kembangnya bayi yang didasari dengan ilmu-ilmu medis yang bisa dipertanggungjawabkan.

Ahmad faesol juga menambahkan, dalam menjaga hubungan yang baik antara ibu dan bayinya, Klinik Keluarga Sakinah juga memberikan layanan pendampingan bagi ibu yang baru mempunyai pengalaman pertama dengan bayinya, serta memberikan  layanan konsultasi  terkait dengan fikih ibadah  permasalahan perempuan  mengenai haid, nifas, menyusui, dan lain-lain. Harapannya, kita berkeinginan bisa membantu permasalahan yang ada di masyarakat disekitar, terutama yang dialami oleh pasien-pasien kita agar mempunyai solusi yang selaras sesuai dengan tuntunan agama Islam. 

Sumber : Humas RS PKU Muhammadiyah Gamping