Rencanakan Layanan Paliatif Care di Puskesmas, PP 'Aisyiyah dan Unisa Gelar Diskusi Terbatas

30 Maret 2017 10:09 WIB | dibaca 779

 

Rabu (29/3) Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah bersama dengan Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan diskusi dengan tema "Mendorong Implementasi Layanan Paliatif Care di Faskes I” yang diadakan di Ruang Meeting 1, Lantai 2 Gedung A, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa majelis dari PP ‘Aisyiyah juga dosen dari beberapa program studi di Unisa seperti prodi kebidanan, kesehatan dan keperawatan dengan mengundang Dr. dr.Probosuseno, SpPD, KGer, Finasim sebagai narasumber.

Disampaikan oleh Yuli Isnaini selaku Wakil Rektor 3 Unisa diskusi ini diadakan atas inisiatif dari PP ‘Aisyiyah untuk nantinya bisa mewujudkan adanya layanan paliatif care di faskes 1. “PP ‘Aisyiyah ingin membuka diskusi bagaimana mendorong dibukanya layanan paliatif care di Puskesmas, karena di Puskesmas paliatif care belum menjadi perhatian khusus,” ujar Yuli saat membuka diskusi.

Ditambahkan oleh Heni Hikmawati, hasil penelitian yang dilakukan ‘Aisyiyah banyak perempuan miskin terutama yang terdeteksi iva posistif juga pap smear positif hal itulah yang menjadi salah satu perhatian ‘Aisyiyah untuk mendorong munculnya layanan paliatif care di layanan kesehatan paling dasar yakni faskes satu. “’Aisyiyah sudah pernah mengadakan pelatihan paliatif care dan Alhamdulillah dari sana sudah terbentuk satu layanan paliatif care di salah satu puskesmas di Pangkep, dari sana kami ingin mengembangkannya dan melalui diskusi ini kita ingin membicarakan bagaimana langkah-langkah untuk mewujudkannya.”

Diakhir pembukaan Yuli menyampaikan harapan dari kegiatan diskusi ini, yaitu dapat terbentuk rumusan layanan paliatif care yang dapat diterapkan di Puskesmas dan nantinya PP ‘Aisyiyah serta Unisa dapat bekerjasama untuk mewujudkan rumusan tersebut. (Suri)