Ramaikan Gebyar Muktamar 48, PWA Sumut Gelar Tabligh Akbar

10 Maret 2020 11:59 WIB | dibaca 73

Medan – Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara (PWA Sumut) memeriahkan kegiatan pra-Muktamar ke-48 ‘Aisyiyah dengan menggelar Tabligh Akbar pada hari Minggu (8/3).

Gelaran Tabligh Akbar disertai dengan Peresmian Gedung Dakwah dan Pusat Pendidikan & Latihan PWA Sumut yang sekaligus menjadi tempat berlangsungnya acara Tabligh Akbar, jalan Rahayu Menteng Raya, Medan.

Sejumlah tokoh menghadiri acara Tabligh Akbar tersebut, di antaranya Ketua Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah Koordinator Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Prof. Dr. Masyitah Chusnan, M.Ag., PW Muhammadiyah Sumut, Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution, MA., Camat Medan Denai, Lurah Medan Tenggara, Pimpinan Bank Muamalat, unsur PWA, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Medan dan sekitarnya serta Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) setempat.

Ketua PWA Sumut, Elynita mengucapkan selamat datang kepada para hadirin dan mengutarakan rasa syukurnya atas terselenggaranya acara di Gedung Dakwah yang mulai dibangun sejak periode 2010-2015. Elynita menceritakan bagaimana perjuangan ‘Aisyiyah Sumut dengan modal Rp 15.000.000 yang dititipkan oleh PWA Sumut periode 2005-2010 sehingga dapat selesai dibangun dengan usaha bersama-sama dengan seluruh anggota ‘Aisyiyah se-Sumut juga bantuan dari berbagai pihak.

PWM Sumut,  Hasyimsyah Nasutiondalam sambutannya sangat mengapresiasi kerja keras ‘Aisyiyah membangun Gedung Dakwah berdasarkan nilai-nilai Muhammadiyah yang selalu diterima oleh anggota ‘Aisyiyah melalui pengajian pengajian di Ranting.

“Berarti anggota ‘Aisyiyah tidak hanya memahami makna infak tetapi menghayati dan mengamalkannya, seperti dalam surat an-Nisa ayat 147 bahwa berinfak adalah salah satu bentuk syukur,” kata Hasyimsyah.

Sementara itu, Masyitah Chusnan memberikan tausyiah dengan tema “Perempuan Berkemajuan Untuk Perdaban Bangsa.” Masyitah membuka paparannya dengan menyampaikan keunggulan ‘Aisyiyah di bidang pendidikan, bahwa ‘Aisyiyah yang diinspirasi dengan gerakan Muhammadiyah adalah satu-satunya organisasi perempuan di dunia yang memiliki Perguruan Tinggi.

“Sumbangsih ‘Aisyiyah dibidang pendidikan sebesar 25% dari jumlah penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.  Di samping itu ‘Aisyiyah adalah organisasi perempuan yang tertata rapi, dari segi administrasi, keuangan maupun tertib pertanggung jawaban kegiatan organisasi,” paparnya.

Masyitah menutup tausyiah dengan kalimat “tetap optimis dengan rahmat Allah.”

Pada acara Tabligh Akbar ini, Pimpinan Bank Muamalat juga memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada 10 orang siswa MTs ‘Aisyiyah sebesar Rp. 96.000.000. Selanjutnya juga dilaksanakan Gerakan Amal Saleh, yang dipimpin oleh Wakil Ketua PWA Sumut, Dra. Asmawati dan diperoleh infak sebesar Rp 26.000.000 dalam waktu 10 menit.

Sumber: LPPA PWA Sumut – sumut.aisyiyah.or.id