PRESS RELEASE Workshop Ketahanan Pangan Nasional MEK PP 'Aisyiiyah

21 September 2019 09:34 WIB | dibaca 374

PRESS RELEASE

Workshop Nasional Ketahanan Pangan

Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan

Mengangkat Tema “Gerakan Kemandirian Pangan untuk Kesejahteraan Bangsa”

Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) adalah salah satu Badan Pembantu Pimpinan (BPP) di Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah yang bertanggung jawab dalam mengembangkan, meningkatkan, dan memberdayakan ekonomi masyarakat, baik melalui pengembangan wirausaha maupun pelatihan keterampilan dan jaringan usaha. Program bidang Ekonomi dan Ketenagakerjaan memberikan perhatian pada membangun kesadaran dan perilaku ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga, umat, dan masyarakat, Antara lain dengan optimalisasi pendampingan dan pembinaan ekonomi melalui program BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga) di komunitas, mengembangkan usaha-usaha dalam meningkatkan keterampilan kelompok masyarakat khususnya kelompok mustad’afin, dan menguatkan posisi serta kondisi usaha mikro kecil yang dikelola perempuan dalam hal akses dan kontrol terhadap sumber daya ekonomi.

Untuk merealisasikan tanggung jawab dan program tersebut di atas, MEK PP ‘Aisyiyah memiliki Divisi Kewirausahaan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Divisi Pengembangan Koperasi dan Lembaga Keuangan Mikro, Divisi Ketenagakerjaan, serta Divisi Ketahanan Pangan yang baru dirintis pada Muktamar tahun 2015. Divisi Ketahanan Pangan sendiri sebagai basis dalam peningkatan ketersediaan pangan dengan mengoptimalkan potensi wilayah maupun daerah baik di pedesaan maupun perkotaan, meningkatkan sosialisasi Panduan Vertikultur dan Hidroponik, serta pengembangan pemanfaatan pangan lokal, jaringan distribusi dan pemasaran pangan lokal melalui kerjasama dengan industri dan pelaku usaha.

Divisi Ketahanan Pangan MEK PP ‘Aisyiyah telah menetapkan dan melaksanakan program untuk mendorong terwujudnya ketahanan dan kedaulatan pangan meliputi pemanfaatan lahan pekarangan baik pedesaan maupun perkotaan dan kampanye pengolahan pangan lokal yang telah dilakukan oleh kelompok tani ‘Aisyiyah. Untuk menambah semangat dalam merealisasikan program tersebut diperlukan penambahan wawasan dan perumusan strategi implementasi program ketahanan pangan melalui “Workshop Ketahanan Pangan Nasional ‘Aisyiyah.”

Melihat kondisi ketahanan pangan di Indonesia yang masih terbilang rendah, Divisi Ketahanan pangan MEK PP ‘Aisyiyah melalui program Taman@ (Ketahanan Pangan ‘Aisyiyah) menggelar Workshop Ketahanan Pangan Nasional bertemakan “Gerakan Kemandirian Pangan ‘Aisyiyah dengan mendeklarasikan:

1.       Menanam sayur dan buah di pekarangan

2.      Konsumsi pangan lokal

Acara yang akan digelar pada 21-22 September 2019 mendatang bertempat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti lebih dari 200 peserta yang merupakan perwakilan dari 23 MEK Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) dan ... MEK Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) se-Indonesia.

Dalam upaya menumbukan semangat dan membangun ketahanan dan kedaulatan pangan yang diharapkan, MEK PP ‘Aisyiyah mengagasnya dalam berbagai kegiatan. Di antaranya lomba intensifikasi pekarangan dan lomba olahan pangan lokal tingkat nasional.

Workshop nasional menjadi salah satu strategi dalam memotivasi, mendorong dan menggerakkan masyarakat melakukan berbagai upaya secara bersama-sama, mendukung pembangunan pertanian dan kemandirian pangan nasional demi terwujudnya kedaulatan pangan nasional.

Kegiatan akan berlangsung selama dua hari. Hari pertama diisi dengan materi-materi dalam Workshop Nasional Ketahanan Pangan, di antaranya materi penguatan program Ketahanan Pangan Nasional, meliputi pemberdayaan masyarakat dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional, Good Practice usaha bidang pertanian terpadu dan pengolahan pangan lokal, membangun karakter untuk Kemandirian Pangan Bangsa, keamanan pangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), penguatan kelembagaan ‘Aisyiyah serta pengumuman lomba. Hari kedua diawali dengan Pengajian Akbar dengan tema “Membangun Keamanan Pangan Berbasis Jamaah.” Materi reformasi koperasi dan peran KSPP BWM Walidah Mulia.

Acara workshop ini diakhiri dengan pembuatan Plan of Activity oleh seluruh peserta utusan wilayah dan daerah sebagai acuan dalam melakukan gerakan ketahanan pangan di daerah masing-masing. Acara ini juga dimeriahkan dengan Bazaar Kemandirian Pangan yang berupa gelar produk hasil produksi kelompok-kelompok di BUEKA, IPAS, dan simpatisan.

Momentum ini diharapkan sebagai tonggak MEK PP ‘Aisyiyah dalam meluaskan Gerakan Kemandirian Pangan ‘Aisyiyah melalui pemanfaatan lahan pekarangan dan menggerakkan masyarakat untuk konsumsi pangan lokal.