PPKS Siapkan Fasilitas Pelayanan Kependudukan dan KB Dalam Raker

29 April 2013 18:35 WIB | dibaca 1404

 

Aisyiyah.or.id–Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) resmi dibentuk pada 16 Juli 2012 lalu oleh Deputi Bidang Kesejahteraan Keluarga DR. Sudibyo Alimoeso, M.A dan Pimpinan BKKBN Perwakilan Jabar Siti Fathonah. PPKS sendiri merupakan program pelayanan yang diselenggarakan atas kerjasama Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Jawa Barat dengan BKKBN dalam Meningkatkan kualitas pelayanan program Kependudukan dan KB Nasional terutama bagi Keluarga Pra Sejahtera dan KS-I melalui fasilitas 'Aisyiyah Jawa Barat.

Dalam rapat kerja perdana PPKS yang berlangsung Oktober (13/13) lalu, pengurus merumuskan target PPKS dalam mencapai tujuan yang juga menjadi ruang lingkup kerja PPKS. Ruang lingkup tersebut berupa pendidikan dan pelatihan program kependudukan dan KB bagi pengelola’Aisyiyah Jabar; Kegiatan Konseling, Advokasi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), serta Promosi Program Kependudukan dan KB Nasional; Peningkatan Ketahanan Keluarga Remaja melalui Program Generasi Berencana (GenRe) di lingkungan 'Aisyiyah Jawa Barat; Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi yang berkualitas bagi masyarakat, terutama Keluarga Pra Sejahtera dan KS-I.

Dari ruang lingkup tersebut PW 'Aisyiyah Jawa Barat kedepannya akan memberikan pelayanan yang fokus pada penyediaan PAUD untuk anak usia 0-3 tahun, kesehatan pada remaja, kesehatan reproduksi, konseling untuk pernikahan keluarga prenatal dan postnatal, pembinaan pada lansia, konseling yang berkaitan dengan kualitas, kesehatan, dan kesejahteraan hidup. Dengan mengadaptasi program serupa yang telah dilaksanakan di negara lain, PPKS berencana melengkapi berbagai bentuk pelayanan dengan fasilitas yang sesuai pelayanan.[Mida Mardhiyyah]