Pesantren Lansia Khusnul Khatimah Tegal Untuk Lansia Mandiri dan Berdaya

15 Januari 2019 16:49 WIB | dibaca 854

KAB. TEGAL --- “Tujuan utamanya adalah kami ingin mendampingi lansia agar mandiri dalam menggapai khusnul khatimah sesuai dengan nama Pesantren Lansia ini, Khusnul Khatimah”, ucap Sri Purwaningsih, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Tegal. Sebagai wujud tindak lanjut Muspimda, PDA Kabupaten Tegal me-Launching Pesantren Lansia Khusnul Khatimah sekaligus dibarengi dengan Pengajian Akbar pada Sabtu (29/12/2018) lalu.

Pengajian Akbar dan Launching Pesantren Lansia Khusnul Khotimah yang diadakan di halaman Gedung ‘Aisyiyah Kabupaten Tegal turut diramaikan dengan pentas seni Rebana dari Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah Kebupaten Tegal. Selain itu, juga ditampilkan Pembacaan Puisi berjudul “Ibu” dan Puisi “Muhammadiyah se-Abad”.

Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah diwakili oleh Ummul Baroroh, M.Ag menjadi narasumber Pengajian Akbar sekaligus yang meletakkan batu pertama untuk pembangunan gedung Pesantren Lansia Khusnul Khatimah Tegal. Ummul Baroroh mengapresiasi program Pesantren Lansia yang digagas oleh PDA Kabupaten Tegal. Selain itu, Ummul Baroroh juga menyampaikan tentang pentingnya pemberdayaan Lansia, harapan hidup bagi Lansia, serta menekankan agar kegiatan Pesantren Lansia dapat terus berlangsung.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Sri Purwaningsih “Kami juga ingin bisa membekali Lansia dengan ilmu keagamaan, menjaga kesehatan dengan adanya kegiatan pemeriksaan kesehatan saat Pesantren Lansia berlangsung, bagaimana kehidupan sosial Lansia tersebut, memberikan dukungan agar Lansia dapat mandiri, dan juga memberikan kegiatan untuk mengasah keterampilan mereka.”

Membekali peserta Lansia dengan bekal ilmu ketauhidan, muamalah ibadahnya, pembekalan kemandirian menjadi misi bagi Sri Purwaningsih dalam menjalan Pesantren Lansia. “Program yang dijalankan memang masih ringan, namun kami berharap bisa istiqomah membimbing mereka agar pesantren ini dapat berlangsung terus menerus” tambahnya.

Sejumlah 75 peserta Pesantren Lansia merupakan Lansia dari setiap Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) se-Kabupaten Tegal. Di akhir, Sri Purwaningsih menyampaikan harapannya untuk Pesantren Lansia Khusnul Khatimah. “Kami berharap kedepannya bisa memberikan pelayanan buat yg mondok / menginap.” (AAM)