Peringati Milad 'Aisyiyah ke-105, PCA GURAH Sosialisasikan Stunting

07 Agustus 2019 13:27 WIB | dibaca 221

Kediri -- Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Gurah mengadakan peringatan Milad ‘Aisyiyah ke-105 di Gedung PAUD ‘Aisyiyah As Salam Gurah pada Ahad (4/8).

Milad kali ini mengusung tema “Aktualisasi Risalah Pencerahan untuk Dakwah Melintas Batas." Peringatan dikemas dalam kegiatan Sosialisasi Stunting dan Hepatitis dengan narasumber dr. Rahmasari Dewi, Kepala UPTD Puskesmas Gurah.

Hj. Salamah, Ketua PCA Gurah, menjelaskan bahwa ‘Aisyiyah dalam gerak dakwahnya selalu berupaya membantu dan mendorong masyarakat menyelesaikan problem yang dihadapi, melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi, peningkatan derajat kesehatan, pemenuhan pendidikan dasar dan kegiatan lainnya tanpa melihat batas sosial, politik, suku  maupun golongan.

“Berdasarkan informasi dari Puskesmas Gurah, saat ini prosentase stunting di Kecamatan Gurah mencapai 23%. Maka kita perlu gerak cepat untuk turut dalam upaya penanggulangannya. Sasaran utama dalam hal ini adalah kaum ibu, karena peran ibu sangatlah besar," jelas Hj. Salamah dalam sambutannya.

Senada dengan itu, dr. Rahma dalam sosialisasinya juga menjelaskan bahwa faktor utama penyebab stunting adalah ketidaktahuan masyarakat, terutama kaum ibu, dalam hal pentingnya pemberian asupan gizi yang baik pada 1.000 hari pertama kehidupan, yang dimulai sejak ibu hamil hingga anak usia 23 bulan.

“Karena asupan gizi kurang baik, maka anak akan mengalami gagal tumbuh kembang, ditandai dengan berat lahir rendah, kecil, pendek dan kurus bahkan ada juga yang sampai mengalami hambatan kecerdasan, baik kognitif maupun motorik," tambahnya.

Menurutnya, edukasi sejak dini bagi kaum perempuan, baik ibu maupun calon ibu, tentang konsep pencegahan stunting akan membawa dampak positif yang besar dalam upaya penyiapan generasi yang sehat dan kuat di masa mendatang.

“Sinergitas yang seperti ini, yang kita butuhkan guna penerapan konsep program. Dengan geraknya kelompok masyarakat di lini bawah akan mempercepat pencapaian tujuan program. Kami dari pihak pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan ‘Asyiyah ini," ujar dr. Rahma mengakhiri sosialisasinya.

Sumber: Nur Wijayanti/'Aisyiyah