Peresmian Gedung Rumah Sakit 'Aisyiyah Muntilan

21 November 2016 10:28 WIB | dibaca 3628

'Aisyiyah sudah sejak lama ikut berkontribusi pada pembangunan masyarakat, terlebih pada bidang kesehatan. Termasuk dengan membangun banyak klinik yang tersebar di seluruh Indonesia. Setiap klinik memiliki sejarah sendiri di daerahnya, dan atas perawatan yang baik, klinik-klinik tersebutpun berkembang, bukan tidak memungkinkan klinik tersebut bisa besar menjadi Rumah Sakit, seperti Rumah Sakit 'Aisyiyah Muntilan.

Perjalanan Rumah Sakit 'Aisyiyah Muntilan (RSAM) cukup panjang. Bermula 20 Agustus 1996, embrio klinik balai pengobatan menumpang di rumah salah satu pengurus Pimpinan Cabang 'Aisyiyah (PCA) Muntilan. Tujuh tahun kemudian, barulah mendapat tanah wakaf untuk didirikan Balai Kesehatan Ibu dan Anak (BKIA).

Dalam pengembangan lebih lanjut, BKIA ditingkatkan menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Muntilan. Seiring peralihan menjadi rumah sakit umum tipe D pada 2012 silam, namanya berganti menjadi Rumah Sakit'Aisyiyah (RSAM). Saat ini pula, RSAM menuju standarisasi rumah sakit tipe C.

Di bawah kepemimpinan Direktur RSAM, Mohammad Was'an,RSAM mengalami kemajuan pesat. Sabtu, 19 November 2016, pihaknya telah meresmikan gedung baru lantai empat yang representatif, juga dilengkapi fasilitas canggih. Diakui Wa'san, perluasan RSAM ini untuk meningkatkan pelayanan Serat memenuhi kebutuhan masyarakat Magelang dan sekitarnya, dalam medapatkan kemudahan berobat.

Pada kesempatan tersebut Ketua Umum Pimpinan Pusat 'Aisyiyah ikut meresmikan gedung baru RSAM, "Ini adalah hasil perjuangan dakwah bersama untuk ikhtiar membantu masyarakat mendapatkan akses yang mudah dalam pemenuhan kesehatan, dari klinik karena kesabaran dan kerja yang tulus bisa besar menjadi rumah sakit,"Ungkan Siti Noordjanah Djohantini.

Noor mengatakan, bahwa klinik-klinik 'Aisyiyah saat dulu menjkadi tumpuhan disaat belum ada puskesmas, dan seiring berkembangnya jaman, mau tak mau klinik-klinik 'Aisyiyah harus ikut maju dan memberikan pelayanan yang prima.

"Dengan perluasan ini, kamu memiliki 134 tempat tidur (TT). terdiri dari 18 TT VIP, 16 TT VVIP, 17 TT di bangsal Shofa-Marwa (bangsal anak), 29 TT di bangsal Multazam, 29 TT di bangsal Mina-Arofah, serta ruang fisioterapi, dan sebagainya,"Ungkap Wa'san.

Dikatakannya, rumah sakit milik Pimpinan Cabang 'Aisyiyah ini memiliki 200 karyawan dan 18 dokter spesialis. [NKA]