Perempuan dan Laki-Laki Memiliki Potensi dan Keberanian Setara

20 Juni 2016 12:30 WIB | dibaca 913

Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini mengatakan, menjadi sosok perempuan berkemajuan hendaknya diyakini dan dicapai oleh perempuan-perempuan ‘Aisyiyah. Sama halnya dengan kaum laki-laki, perempuan juga memiliki potensi dan keberanian untuk sama-sama menjadi pribadi yang berkemajuan.

“Ada kesetaraan gender di antara perempuan dengan laki-laki dalam konsep beribadah. Kita semua sama di mata Allah,” tambah Noordjannah dalam pengajian Ramadhan yang berlangsung di kampus 1 Universitas Aisyiyah Yogyakarta (18/6).

Noordjannah menambahkan, sebagai suatu organisasi terpadu dan terstruktur, ‘Aisyiyah memiliki pedoman spiritualitas yang harus diimplementasikan oleh para kader. Keputusan tersebut berdasarkan hasil Muktamar pada satu abad ‘Aisyiyah. “Keputusannya yaitu menjadi sosok pribadi yang bertaqwa dan menyeimbangkan spiritual vertikal maupun horizontal, pribadi yang shalehah, welas asih dan memelihara martabat,” papar Noordjannah.

Prof. Abdul Munir Mulkhan berpendapat bahwa ‘Aisyiyah memiliki potensi untuk mendukung perwujudan gerakan Indonesia yang berkeadilan. “Aisyiyah muncul sebagai energi spiritual Indonesia,” ujar Munir. Munir menyampaikan harapannya kepada ‘Aisyiyah agar lebih gencar lagi dalam menciptakan gebrakan-gebrakan kreatif, sehingga perjalanan ‘Aisyiyah semakin baik dari waktu ke waktu. [Nisa]