Percepatan Program dan Kaderisasi Keluarga Jadi Bahasan Musypimda II PDA Purworejo

02 Maret 2020 14:48 WIB | dibaca 133

Purworejo -- Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) II 'Aisyiyah juga telah dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Kabupaten Purworejo pada (1/3) kemarin. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kompleks PAUD Terpadu 2 'Aisyiyah Purworejo.

Frin Erma Nurhayati, Ketua PDA Kabupaten Purworejo menyampaikan bahwa agenda Musypimda merupakan momen untuk melaporkan, mengevaluasi, dan memacu percepatan implementasi program yang telah dihasilkan pada permusyawaratan Musypimda I dan  usaha peningkatan kompetensi anggota dalam membuat berita serta penguatan kaderisasi yang berbasis keluarga.

“Musypimda ini merupakan permusyawaratan di bawah musyawarah daerah (musyda) yang mana saatnya evaluasi, percepatan dan pengembangan program serta penentuan langkah strategis ke depan. `Aisyiyah sebagai gerakan sosial keagamaan yang dikemas dalam gerakan dakwah dan tajdid berkepentingan meningkatkan kemampuan dalam menanamkan hingga merealisasikan Islam yang penuh dengan nilai-nilai berkemajuan. Guna membangun peradaban utama menjadi rahmat bagi semesta,” ungkap Frin Erma Nurhayati.

"Dinamisasi Gerakan Menebar Islam Berkemajuan" menjadi tema yang diangkat dalam Musypimda II Kabupaten Purworejo ini. Selain itu, pelaksanaan agenda Musypimda II ini sebagai langkah tindak lanjut dari Musyawarah Pimpinan Wilayah II Pimpinan Wilayah `Aisyiyah (Musypimwil II PWA) Jawa Tengah yang telah diselenggarakan pada 4-5 Januari lalu di Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM). 

Agenda ini dihadiri kurang 115 orang peserta yang berasal dari unsur PDA, PCA se-Purworejo, Ortom, AUA dan staf TB Care `Aisyiyah. Turut hadir pula dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Purworejo, Perwakilan Rektorat UMP, Ikatan Guru KB, Ikatan Guru Bustanul Athfal, Sie PAUD dan lainnya.

Rangkaian musyawarah diawali dengan Sidang Pleno 1 yakni pidato iftitah ketua PDA dilanjutkan dengan Sidang Pleno 2 yakni Laporan PDA dan Sidang Pleno 3 Tanggapan PCA se-Purworejo terhadap Laporan PDA serta Sidang Pleno 4 Dinamika PCA Unggulan.

Di sela-sela musyawarah disampaikan materi terkait Penulisan Berita dan Pengelolaan Website dari Akhmad Maulidin M. Anggota Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPI PDM) Kabupaten Purworejo dan Pengkaderan dalam Keluarga oleh Agus Amin Fadillah Anggota Pleno PDM Kabupaten Purworejo.

“Kami berharap melalui kegiatan ini kami dapat mengidentifikasi dinamika organisasi, evaluasi program yang berjalan dengan kendala serta solusinya, mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pengelolaan web `Aisyiyah hingga menguatnya proses kaderisasi melalui ortom, AUA maupun keluarga,” pungkas Frin Erma.

Sidang Komisi dilaksanakan sebagai sesi terakhir yang membedah terkait kepemimpinan berbasis data, kepemimpinan dan kaderisasi pada amal usaha serta strategi percepatan pencapaian program yang ditutup dengan sidang pleno 5 yaitu laporan masing-masing komisi.

Salah satu yang dihasilkan dalam Musypimda II ini adalah program ke depan bagi 'Aisyiyah Kabupaten Purworejo menjadi tuan rumah wisata dakwah `Aisyiyah se-eks karesidenan kedu, mendirikan SD `Aisyiyah dan program lainnya sesuai hasil sidang komisi.

Sumber: purworejo.aisyiyah.or.id