Penghargaan Mitra Bakti Husada untuk Kontribusi ‘Aisyiyah Ngawi di Bidang Kespro

18 November 2016 09:54 WIB | dibaca 1203

Senin (14/11) Pimpinan daerah ‘Aisyiyah Ngawi mendapatkan penghargaan Mitra Bakti Husada dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi. Menurut  dr. Rahayu Zulaeka selaku Kepala Seksi Kesehatan Reproduksi Dinas Kesehatan Ngawi penghargaan Mitra Bakti Husada merupakan penghargaan dalam bidang kesehatan yang diberikan kepada mitra dinas kesehatan Ngawi yang dinilai memberikan kontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat Ngawi.

Diwakili oleh Ketua PDA Ngawi Hj Sutjiatim MPdI , ‘Aisyiyah Ngawi dengan Program MAMPU merupakan penerima penghargaan Mitra Bakti Husada di tahun 2016 ini. Disampaikan oleh dr. Rahayu bahwa dinas kesehatan Ngawi sangat terbantu dengan kinerja ‘Aisyiyah. “Kami merasa sangat terbantu dengan program yang dilakukan ‘Aisyiyah terutama dalam program MAMPU yang fokus pada isu kesehatan reproduksi, IVA, Papsmear, juga sosialisasi kepada remaja dan ibu-ibu mengenai kesehatan reproduksi” ujar Rahayu. Ditambahkan oleh Rahayu bahwa apa yang sudah dilakukan oleh ‘Aisyiyah sejalan dengan program dinas kesehatan sehingga turut membantu juga dalam pencapaian dinas kesehatan Ngawi. “Kami memandang ‘Aisyiyah sebagai mitra kesehatan yang sejalan” tandas dr. Rahayu.

Saat ditanyakan mengenai tanggapannya atas penghargaan Mitra Bakti Husada yang diterima PDA Ngawi, Sutjiatim mengungkapkan rasa senang dan bersyukurnya. “Niat kami adalah untuk beramal soleh sesuai Al-Quran surat An-Nahl agar mendapat balasan dari Allah SWT dengan melaksanakan program MAMPU yang diamanahkan dari PPA tentang kesehatan reproduksi” ujar Sutjiatim. Sutjiatim menambahkan bahwa ternyata dari niat awal tersebut kinerja ‘Aisyiyah mendapat apresiasi dari pemerinta daerah setempat.  “Ternyata SKPD kabupaten Ngawi mengapresiasi kegiatan ‘Aisyiyah karena menangani kaum dhuafa mustad afin dan ternyata berhasil guna serta berdaya guna” tambah Sutjiatim.

Pemberian penghargaan Mitra Bakti Husada tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2016 yang dilaksanakan di halaman Dinas Kesehatan Ngawi. Turut hadir dalam peringatan tersebut adalah Bupati Ngawi, Wakil Bupati Ngawi, Sekretaris daerah Ngawi, Kepala Dinas Kesehatan Ngawi, Kepala Dinas Sosial Ngawi seluruh Camat Kabupaten Ngawi, ketua tim penggerak PKK, perwakilan puskesmas serta bidan desa di Ngawi.

Kedepannya Sutjiatim berharap ‘Aisyiyah Ngawi bisa terus bermitra dengan dinas-dinas terkait. ‘Aisyiyah Ngawi juga bisa bekerjasama dengan dinas terkait dalam pembuatan kebijakan sesuai porsinya. (SPU)