Pemerintah Desa Kalibening Bersama 'Aisyiyah Gelar Pelatihan SID Partisipatif

11 Juli 2019 15:02 WIB | dibaca 126

 

Keterbukaan informasi menjadi keharusan bagi sistem pemerintahan termasuk pemerintahan desa. Hal ini disadari betul oleh Pemerintahan Desa Kalibening sehingga kemudian mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) dengan dukungan dari program MAMPU ‘Aisyiyah. Berbeda dari SID yang lain, salah satu keunggulan dari SID Desa Kalibening ini adalah responsif kesehatan terutama kesehatan perempuan dan anak serta melibatkan masyarakat secara aktif dalam pengembangannya. “Kami bersama pemerintah desa Kalibening dan dengan keterlibatan aktif masyarakat mendorong adanya SID yang responsif kesehatan perempuan dan anak agar program tersebut bisa menjadi prioritas program pembangunan di desa,” ujar Hajar Nur Setyowati dari tim Program MAMPU Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah.

Menurut Nurbiyanto selaku Kepala Desa Kalibening, keterlibatan aktif masyarakat dimulai sejak awal pengembangan SID, pengumpulan database SID, sehingga nanti untuk pengelolaan SID. Untuk mendukung pengelolaan SID, Pemerintahan Desa Kalibening bersama tim MAMPU ‘Aisyiyah Pimpinan Daerah Kabupaten Magelang mengadakan pelatihan pengelolaan SID pada Rabu (10/7) di Balai Desa Kalibening. Pelatihan ini diikuti sekitar 30 peserta yang terdiri dari perangkat desa, ‘Aisyiyah, anggota dan kader Balai Sakinah ‘Aisyiyah (BSA), PKK, karang taruna, dan beberapa mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Nurbiyanto menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan kelanjutan dari proses membangun SID yang sudah dilakukan sebelumnya melalui diskusi, pendataan dan verifikasi data. “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat Desa Kalibening agar perangkat dan masyarakat bisa bersama-sama mengelola SID yang sudah dikembangkan ini dan menjadikan materinya lebih beragam sehingga desa Kalibening dapat bertambah maju dengan adanya SID ini,” ujar Nurbiyanto. Ia menambahkan bahwa dengan adanya SID dan website ini berbagai data terkait kondisi masyarakat bisa lebih sistematis terangkum termasuk terkait kesehatan perempuan dan anak sehingga nanti bisa menjadi dasar dalam perencanaan program dengan alokasi dana desa.

Siti Asminah selaku Ketua Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Kalibening menyampaikan bahwa pemerintahan desa bersama program MAMPU ‘Aisyiyah sudah melakukan berbagai kegiatan terkait kesehatan perempuan dan anak bagi masyarakat Desa Kalibening. Ia menyampaikan bahwa melalui BSA sudah dilaksanakan sosialisasi kesehatan reproduksi tentang kanker serviks dan payudara serta mengajak para perempuan di desa untuk mengikuti pemeriksaan IVA dan Sadanis sebagai upaya deteksi dini kanker. “Harapan kami melalui SID dan website ini akan dapat banyak memberikan informasi mengenai data kesehatan perempuan dan anak sehingga nantinya bisa mendorong terlaksanakannya program kesehatan di desa yang responsif kesehatan perempuan dan anak,” tutur Asminah. (Suri)