Pelatihan Ternak Bebek BSA Ngluwar untuk Peningkatan Ekonomi Perempuan

06 Juli 2018 11:03 WIB | dibaca 77

Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Kabupaten Magelang dalam program MAMPU 'Aisyiyah menggelar pelatihan ternak bebek di kelompok Balai Sakinah 'Asiyiyah (BSA) Desa Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah (4/7).

BSA merupakan komunitas dampingan 'Aisyiyah dalam program MAMPU yang menjadi wadah bagi para Perempuan Usia Subur (PUS) khusunya para dhu'afa mustadh'afin untuk berkumpul, berbagi, berkegiatan, saling memberikan informasi dan meningkatkan kemampuan berkaitan dengan kesehatan reproduksi termasuk ASI, Keluarga Berencana, deteksi dini kanker serviks dan payudara, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), gizi, kepemimpinan perempuan, termasuk peningkatan ekonomi perempuan.


 

Disampaikan oleh Pratiwi Retno Wulandari selaku Koordinator Program MAMPU 'Aisyiyah Kabupaten Magelang bahwa kegiatan ini termasuk dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi anggota BSA. Pelatihan ini dilakukan atas inisiatif kader pendamping BSA yang melihat potensi daerah setempat. Hadir sebagai pengisi materi adalah Ainun Sukarno yang merupakan Sekjen Asosiasi Peternak Bebek Pedaging Jawa Timur juga praktisi penyuplai bebek pedaging di wilayah Jogja dan sekitarnya.

Wulan menyampaikan bahwa melalui pelatihan ini harapannya anggota BSA akan mempunyai pengetahuan baru untuk peluang usaha. "Selepas pelatihan ini harapan kami warga BSA bisa memulai usaha ternak bebek yang bisa meningkatkan pendapatan keluarga," ujar Wulan. (Suri)