Pelatihan Siklus Laporan dan Manajemen Kuangan, 'Aisyiyah Terapkan Sistem Top Down

29 April 2013 18:34 WIB | dibaca 870

 

Dihadiri oleh 12 peserta perwakilan dari Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah yang berada di berbagai daerah,'Aisyiyah menggandeng tim fasilitator dari Strategy Analisys Action Transnational Trend (STATT) untuk melaksanakan pelatihan yang bertajuk Program Cycle Management and Financial Management (PCM-FM) atau pelatihan siklus pengelolaan dan manajemen keuangan. Pelatihan dilaksanakan seiring dengan banyaknya program yang dilaksanakan 'Aisyiyah yang memerlukan keterampilan tertentu untuk mengolah laporan melalui sistem yang efektif dan praktis.

Menurut Irfan, salah satu fasilitator dari STATT, saat ini ‘Aisyiyah sudah memiliki sistem pelaporan yang bagus. Artinya setiap kegiatan dilengkapi dengan laporan berdasarkan masing-masing program. Hanya saja, Irfan menilai 'Aisyiyah tetap membutuhkan program software khusus untuk menyusun laporan dan manajemen keuangan agar lebih efektif dan praktis dalam menyusun laporan, terutama melihat minimnya monitoring laporan yang selama ini berlangsung.
Dalam pelatihan yang diadakan di Hotel Puri Artha Yogyakarta dari tanggal 4 sampai 7 April lalu ini, tim fasilitator dan peserta sepakat hasil pelatihan akan diterapkan dengan sistem Top Down, dimana hasilnya terlebih dahulu akan diterapkan di pimpinan pusat dan wilayah secara maksimal untuk kemudian diterapkan di pimpinan yang tersebar diberbagai daerah.

Kedepannya, seperti dalam rancangan tindak lanjtu (RTL) sosialisasi penerapan PCM-FM dari pelatihan akan dilakukan dalam dua level berbeda, jangka pendek dan jangka panjang. Menurut tim fasilitator, sosialisasi jangka pendek dilaksanakan 1 sampai 3 bulan, sedang jangka panjang 1 sampai 3 tahun ke depan. Hal itu disesuaikan dengan banyaknya pimpinan 'Aisyiyah di 33 provinsi di Indonesia.