Pelatihan Muballighat di Kaltara

29 Juni 2016 08:08 WIB | dibaca 1340

TARAKAN- Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Kalimantan Utara mengadakan Pelatihan Muballighat yang diikuti sejumlah peserta dari anggota ‘Aisyiyah yang berada di Kota Tarakan. Semestinya pelatihan ini diikuti oleh utusan PDA dari berbagai daerah di Kalimantan Utara, namun karena beberapa kendala sehingga tidak memungkinkan utusan PDA untuk hadir di pelatihan ini. Pelatihan Muballighat bertujuan untuk mendidik dan menyiapkan anggota ‘Aisyiyah agar siap menjadi daiyyah yang akan mengajak ummat kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar sebagaimana yang tercantum dalam Q.S Ali Imran Ayat 104.

Pelatihan Muballighat berlangsung selama dua hari di Masjid Al-Amin Kota Tarakan. Pelatihan ini diisi oleh Ustadz Syamsi Sarman, Ketua Pimpinan Wilayah  Muhammadiyah Kaltara dan Ustadz Dian Sandi di hari pertama pelatihan. Selanjutnya di hari kedua diisi oleh Ustadz Khoruddin Arif Hidayat yang juga adalah Wakil Walikota Tarakan dan Ustadz Drs. Aman Setia dari Kota Makassar. Para Pelatih memberikan berbagai macam metode dakwah dan pesertapun mengikuti denngan antusias.

Menurut Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Utara, Mardiana S. PdI, Pelatihan Muballighat sangat dibutuhkan bagi setiap anggota ‘Aisyiyah untuk membentuk kader dakwah ‘Aisyiyah yang handal dan berkemajuan sebagaimana tema yang diangkat pada pelatihan ini. Anggota ‘Aisyiyah diharapkan mampu menjawab tantangan zaman di masa sekarang dimana situasi dan kondisi semakin menuntut seorang Daiyyah untuk terjun langsung mengatasi masalah dan problematika ummat.