Pelatihan Keterampilan Kerang BSA Kemuning, Tegal

07 Juni 2017 22:41 WIB | dibaca 1297

 

26 Mei – 5 Juni 2017 Bina Sakinah ‘Aisyiyah (BSA) Kemuning Muarareja, Tegal mengikuti pelatihan pendidikan kecakapan wirausaha bidang lampu hias dari kerang yang di selenggarakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Tegal. BSA Kemuning merupakan komunitas perempuan dampingan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Tegal di Kelurahan Muarareja yang menjadikan limbah kerang sebagai produk unggulannya.

Menurut Nur Fadilah dari PDA Kota Tegal, produk kerajinan limbah kerang BSA Kemuning sudah memiliki banyak peminat. “BSA Kemuning dengan produk kerajinan limbah kerang juga berhasil mendapatkan juara ketiga dalam lomba Krenova yang diadakan BAPPEDA Tegal,” ujar Fadilah.

Karena itu kemudian BSA Kemuning mendapatkan undangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan yang bekerjasama dengan LPK Indah. Disampaikan oleh Fadilah bahwa BSA Kemuning mengirimkan lima orang anggota di pelatihan yang juga diikuti oleh 30 orang dari lima kelompok undangan.

  

Fadilah menyatakan sangat bersyukur atas pelatihan yang diberikan karena materinya sangat bermanfaat bagi produk BSA. “Dipelatihan tersebut tidak hanya diberikan praktek ketrampilan lebih lanjut dalam mengolah limbah kerang tetapi akan berlanjut denganpraktek pelatihan kewirausahaan,” ungkap Fadilah.

    

Diharapkan oleh Fadilah agar setelah mengikuti pelatihan ini keterampilan anggota BSA dan kualitas produk BSA akan meningkat. “Harapan kami supaya produk-produk kerang yang dihasilkan BSA Kemuning semakin bagus kualitasnya dan bervariasi, sehingga semakin banyak peminatnya khususnya di Kota Tegal serta menambah ketrampilan bagi anggota BSA.” (Suri)