Pelatihan dan Pemberian Peralatan Ekonomi di SWA PDA Blitar

10 September 2020 16:46 WIB | dibaca 48

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Blitar melalui Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) melakukan Launching Sekolah Wirausaha 'Aisyiyah (SWA) pada Minggu (30/8). Selain dihadiri jajaran PDA, MEK, dan anggota MEK, acara launching ini juga  dihadiri oleh kader-kader dari 6 desa dampingan program MAMPU ‘Aisyiyah.

Binti Hamidah selaku Koordinator MAMPU ‘Aisyiyah Kabupaten Blitar menyampaikan bahwa pada kegiatan launching SWA ini juga dilakukan pemberian peralatan lengkap pembuatan kue untuk kegiatan ekonomi serta pelatihan pembuatan aneka macam kue untuk meningkatkan kemampuan para kader penggerak perekonomian di komunitas Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah (BUEKA). “Melalui program MAMPU kami memberikan pengadaan peralatan ekonomi untuk kelompok BUEKA, kemudian oleh MEK PDA ditindaklanjuti dengan pengadaan pelatihan pembuatan kue untuk meningkatkan ketrampilan para kader.” Hamidah menjelaskan bahwa terkait situasi pandemik saat ini, maka pelatihan dilakukan dalam dua tahap agar tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua PDA Kabupaten Blitar, Henny Wastuti menyampaikan bahwa paska pelatihan ini pendampingan oleh SWA masih akan terus berlanjut. “Paska pelatihan kelompok dampingan akan terus dipantau karena oleh SWA MEK PDA dan juga akan ada beberapa pertemuan lanjutan dengan materi yang beragam.”

Henny menyampaikan harapannya agar peralatan yang diberikan dapat semakin meningkatkan usaha kelompok BUEKA bahkan memunculkan wirausahawati baru dari kader atau anggota BSA. “Kami berharap agar pemberian bantuan peralatan dan pelatihan ini bisa membawa manfaat bagi ibu-ibu sekalian, dapat memunculkan wirausahawati lainnya dari kader atau anggota BSA sehingga nantinya dapat mendukung perekonomian keluarga bahkan usahanya dapat berkembang memberdayakan warga sekitar.” (Suri)