PDA Sumedang Berikan Pelatihan IVA/Pap Smear 25 Tenakes

02 Januari 2018 11:29 WIB | dibaca 143

Angka kematian perempuan akibat kanker payudara dan kanker serviks di Indonesia masih sangat tinggi. Oleh karena itu 'Aisyiyah menganggap penting peningkatan kesadaran masyarakat terutama perempuan bagi kesehatan reproduksi. Hal yang tak kalah pentingnya juga adalah mempermudah akses perempuan untuk bisa melakukan pemeriksaan juga deteksi dini terkait dua penyakit kanker tersebut.

Oleh karena itu, (30/12) Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Sumedang dalam Program MAMPU 'Aisyiyah menggelar Pelatihan IVA Test/Papsmear bagi tenaga kesehatan. "Pelayanan IVA/Pap Smear masih belum menjadi pelayanan reguler di beberapa fasilitas kesehatan di Sumedang hal ini terkait dengan kemampuan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan, karena itu PDA Sumedang berinisiatif menggelar pelatihan ini," ujar Karwati selaku Koordinator Program MAMPU 'Aisyiyah Sumedang. Ditambahkan oleh Karwati bahwa pelatihan ini bekerja sama dengan BAPELKES Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, sehingga nantinya tenaga kesehatan (tenakes) yang selesai dilatih akan mendapat sertifikat pelatihan yang secara resmi diakui oleh dinas kesehatan. 


Karwati menyampaikan setelah pelatihan yang diberikan harapannya para bidann dapat mengadakan pelayanan secara regular disetiap fasilitas kesehatan karena mereka sudah terlatih dan memiliki sertifikat. Selain itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan deteksi dini akan dibantu oleh 'Aisyiyah dengan melakukan sosialisasi kesehatan reproduksi melalui Balai Sakinah 'Aisyiyah.

Pelatihan yang berlangsung selama 4 hari (27-30/12) ini melatih 25 orang bidan yang bertempat di Hotel Shapphire dan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pelayanan IVA Test di Klinik 'Aisyiyah. Peserta pelatihan kemudian melaksanakan pemeriksaan bagi 100 orang perempuan usia subur. Materi pelatihan disampaikan oleh dr. Reni Kurniawati Anton (Narasumber dari Dinas Kesehatan Kab. Sumedang), dr. Supriyatiningsih, SpOG., M.Kes (Pimpinan Pusat 'Aisyiyah), Ais Yohana Purnawati, Amd. Keb (Pendamping Narasumber PP 'Aisyiyah) dan Agnia Restu Sumarelawati, AMKeb, SKM (Pengawas Praktikum Dinas Kesehatan Kab. Sumedang). (Suri)