PDA Mempawah Lakukan Studi Banding Bank Sampah di Yogyakarta

23 Desember 2017 18:32 WIB | dibaca 134

 

Jumat (22/12) tim program MAMPU Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Mempawah mengadakan sudi banding ke Bank Sampah yang dikelola oleh Pimpinan Ranting 'Aisyiyah Karangkajen, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Disampaikan oleh Eka Suryaningsih dari PDA Mempawah bahwa kunjungan ini dilakukan karena MAMPU 'Aisyiyah Mempawah ingin mengembangkan kegiatan di komunitas dampingan yakni Balai Sakinah 'Aisyiyah (BSA). "Kami ingin mempelajari kegiatan perekonomian yang bisa di kembangkan di Mempawah terutama bank sampah ini karena masih jarang ditemukan di Mempawah," ujar Eka pada saat menyampaikan maksud kunjungan.



Disampaikan oleh Nur Asriyah, Ketua Ranting 'Aisyiyah Karangkajen yang menerima rombongan bahwa di Bank Sampah Karangkajen ini anggota tidak hanya mengumpulkan sampah dan menerima hasil dari sampah yang dikumpulkan tersebut, akan tetapi anggota juga berkreasi dengan sampah. "Disini kami bersama-sama mengembangkan kreatifitas dari sampah, menjadikan sampah barang yang layak jual," ujar Nur Rokhmaniyah.

 


Pada kunjungan tersebut berbagai produk hasil tangan kreatif ibu-ibu Bank Sampah Karangkajen di tampilkan seperti bunga, bros, tas tangan, sampul buku bahkan eco brick dari sampah. Rombongan dari PDA Mempawah juga langsung mencoba membuat berbagai kerajinan tadi agar bisa ditularkan kepada anggota lainnya.



Menurut Nikmah Af'idati dari Pimpinan Pusat 'Aisyiyah yang mendampingi rombongan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari sharing knowledge/berbagi pengetahuan antar anggota 'Aisyiyah. "Budaya untuk berbagi pengetahuan ini memang digalakan di 'Aisyiyah dengan tujuan agar semua anggota 'Aisyiyah bisa bersama-sama maju dan mengembangkan hal yang bermanfaat." (Suri)