PDA Majelis Kesejahteraan Sosial Brebes Ikuti Studi Banding Ke Panti Asuhan Terpadu Ponorogo

25 Februari 2020 15:14 WIB | dibaca 75

Jawa Timur -- Majelis Kesejahteraan Sosial Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (MKS PWA) Jawa Tengah menjalankan program Studi Banding ke Panti Asuhan Terpadu Ponorogo Jawa Timur. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (22/2) ini diikuti oleh MKS se-Jateng. Masing-masing majelis membawa serta pengurus Panti Asuhan 'Aisyiyah.

Sudah menjadi keputusan pada Rakorwil MKS tanggal 7-8 Desember 2019 bahwa Jateng membuka Panti Inklusi, oleh karena itu agar pengasuhan di Panti Inklusi ini dapat berjalan dengan baik maka perlu dilaksanakan Studi Banding.

Panti Asuhan Tuna Netra Terpadu Ponorogo dipandang sebagai Panti yang bagus untuk menimba ilmu. Panti Asuhan Terpadu ini tidak hanya mengasuh anak-anak dhuafa saja tetapi juga mengasuh dan membimbing anak-anak Tuna lainnya. Panti ini juga tidak menyebut anak asuh kepada anak-anak yang dibimbingnya, tetapi mereka disebutnya sebagai Santri. Para Santri tersebut merupakan anak yang menyandang Tunarungu, Tunadaksa, Tuna Grahita, Tunawicara dan Tunalaras.

Para Santri tidak hanya dibekali pengetahuan akademik saja tetapi juga keterampilan melalui kegiatan ekstra kurikuler, seperti musik, menjahit, kerajinan tangan dan tapak suci. Adapun  progran unggulan yang dilaksanakan antara lain Pengasuhan Berbasis Pesantren, Tahfidzul Qur'an, Laboratoriom Komputer Bicara Untuk Tunanetra, Jasa Pijat dan Ekstra Kurikuler. Banyak prestasi yang sudah diraih oleh para Santri dari Panti Asuhan terpadu ini.

Ketua MKS PWA Jateng, Siti Fatimah berharap dengan berkunjung dan berstudi diharapkan MKS se-Jateng dapat mengelola amal usaha yang berupa Panti Asuhan dengan baik, dari segi pengasuhan maupun segi administrasi.

Sumber: brebes.aisyiyah.or.id