PDA Labuhanbatu Utara Sukses Laksanakan Baitul Arqam Bagi AMM Putri

26 Februari 2020 15:29 WIB | dibaca 41

Labuhanbatu Utara -- Program Sinergi Majelis Pembinaan Kader dan Majelis Tabligh Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Labuhanbatu Utara selama dua hari (25-26/1) melaksanakan Baitul Arqam yang diperuntukkan bagi AMM Putri dengan tema “Terwujudnya Kader ‘Aisyiyah yang Unggul dan Amanah."

Kegiatan BA AMM Putri yang melibatkan dua lokasi ini berjalan baik dan sukses. Lokasi yang digunakan adalah Aula Gedung SMK 3 Muhammadiyah Aek Kanopan dan SMP 24 Muhammadiyah Aek Kanopan serta Masjid Taqwa yang dekat dengan lokasi kegiatan. Kegiatan BA AMM Putri ini dilaksanakan bertepatan juga dengan Libur Nasional, sehingga tidak menggangu tugas para peserta yang sebagian terdiri dari guru-guru muda tingkat SD, SMP, SMA yang ada di amal usaha Muhammadiyah serta ortom baik itu IPM, IMM, PDNA, PCNA, dan lainnya .di mana peserta juga masih tingkat  pelajar.

Acara pembukaan BA AMM Putri  dihadiri oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiya (PDM) Labuhanbatu Utara, H. Al Munir Siregar, Bsc, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kualuh Hulu, serta dihadiri anggota PDA Labuhanbatu Utara. Al Munir Siregar menyampaikan bahwa peran strategis MPK dalam transformasi dan revitalisasi gerakan ‘Aisyiyah berkemajuan agar berkelanjutan, dalam rangka menyiapkan generasi penerus persyarikatan dan dapat merencanakan program kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan oleh kaum melinial.

Sementara itu, Ketua PDA Labura Hj. Herlin Harahap, S.Pd, memberikan sambutan sekaligus membuka acara BA AMM Putri tersebut. Herlin mengucapkan terimakasih kepada Hasnah Rangkuti, S.Pd selaku Ketua Divisi Sekolah Kader MPK Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Sumut dan Susianti, MA selaku Ketua Divisi Kepemimpinan MPK PWA Sumut, sebagai narasumber dari MPK PWA Sumut serta Tri Sulistianingri selaku ketua MPK PDA Labura dan jajarannya.

Selanjutnya Herlin menyampaikan fungsi MPK adalah menyelenggarakan perkaderan yang berkualitas sesuai visi misi pada tanfidz MPK Mukatamar ke-47 sehingga melahirkan kader unggul, amanah, dan professional. Definisi Kader menurut paham Muhammadiyah adalah calon anggota dan calon anggota pimpinan yang memiliki komitmen terhadap perjuangan dan cita-cita persyarikatan.  Rumusan Kompetensi Kader menurut kebijakan program majelis pembinaan kader ada 4 yaitu pertama, Kompetensi Kader, kedua, Kompetensi Intelektual, ketiga, Kompetensi Sosial Kemasyarakatan, serta keempat, Kompetensi Keorganisasian dan Kepemimpinan.

Materi yang diberikan dalam BA AMM Putri tersebut di antaranya Materi I: Paham Agama Muhammadiyah, disampaikan oleh Drs. Marwan Tanjung, Ketua Majelis Tabligh PDM Labura. Materi II: Visi Misi ‘Aisyiyah disampaikan oleh Hj. Siti Nurmala, S.Mi Wakil Ketua PDA Labura. Materi III: Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah disampaikan oleh H. Taufik Hidayah, S.Ag PDM Labura. Materi IV: PHIWM disampaikan oleh MPK PWA Sumut. Materi V: Transformasi Kader disampaikan oleh Susianti, MA, MPK PWA Sumut. Terakhir Materi VI: Pola Rekrutmen Kader disampaikan oleh Herlin Harahap sendiri.

Sumber: Majelis Pembinaan Kader dan Majelis Tabligh PDA Labuhanbatu Utara sumut.aisyiyah.or.id