PDA Jepara Gelar Edukasi Stunting Masa Pandemi

21 September 2020 18:02 WIB | dibaca 59

Jepara - Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Jepara gelar edukasi terkait stunting bertema "Cegah Stunting untuk Mewujudkan Generasi Emas", bertempat di aula PDM Jepara pada Ahad (20/9). 
 
Acara yang dihadiri sekitar lima puluh peserta ini dibuka oleh Bintang Chayati, Wakil Ketua III Koordinator Majelis Kesehatan. Bintang Chayati menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu wujud upaya 'Aisyiyah tetap berperan untuk pencegahan stunting dalam situasi pandemi. "Acara ini menindaklanjuti himbauan dan arahan  dari Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah bahwa PDA diharapkan segera melaksanakan kegiatan dalam rangka mendukung upaya pencegahan,  penanggulangan dan penanganan stunting di daerah masing-masing," paparnya.
 
Hadir sebagai narasumber dalam acara ini adalah Wiwid Widiyanti selaku pejabat fungaional Ahli Gizi Dinas Kesehatan Kab.Jepara. Wiwid yang mwnyampaikan materi tentang stunting menyampaikan bahwasanya stunting dapat dicegah. "Pencegahan stunting melalui 1000 HPK (hari pertama kehidupan), dimulai saat ibu hamil sampai dengan bayi umur 2 tahun, karena pada usia tersebut sangat menentukan tumbuh kembang anak," jelasnya.
 
Narasumber berikutnya adalah Khumaidah dari Majelis Kesehatan PDA Jepara yang menyampaikan tentang peran 'Aisyiyah dalam rangka mendukung cegah dan penanganan stunting. "Kader 'Aisyiyah turut berperan aktif dalam upaya cegah stunting dengan ikut mensosialisasikan kepada masyarakat,  berperan dalam kegiatan posyandu atau BKB dan kegiatan lainnya, serta juga berperan sebagai motivator penggerak maupun penghubung ke lintas sektoral di desa masing-masing."
 
Selama acara panitia memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan. Selain itu dibagikan juga face shield  bantuan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Jepara dan masker dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM).  (Deny Ana I'tikafia/Suri)