PDA Deli Serdang dan MCCC Sosialisasikan Cegah Covid-19 Kepada Lansia

05 Juni 2020 11:12 WIB | dibaca 71

Deli Serdang – Melihat pergerakan kasus Covid-19 yang belum mereda, salah satu kelompok rentan yaitu para lansia di Deli Serdang mendapat perhatian dari Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Deli Serdang. Bersama dengan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), PDA Deli Serdang memberikan edukasi terkait pencegahan Covid-19 kepada para lansia binaan Majelis Kesehatan PDA Deli Serang. Pada Rabu (3/6), sebanyak 20 orang lansia menghadiri kegiatan tersebut.

PDA Deli Serdang menyampaikan bahwa jumlah dibatasi untuk menghindari kumpulan keramaian. Dengan mengikuti standar protokol kesehatan yang berlaku, kegiatan dilaksanakan di Komplek Amal Usaha Muhammadiyah, jalan R.A. Kartini Lubuk PAKAM.

Rio Alfin Kurniawan, Sekretaris MCCC Kabupaten Deli Serdang menyampaikan dalam edukasi pencegahan penularan Covid-19 ini bahwa lansia adalah warga dengan resiko tinggi terhadap penularan virus Covid-19, karena immunitas tubuh yang mulai menurun dipengaruhi faktor usia. Beberapa warga lansia juga ada yang memiliki penyakit bawan seperti hipertensi, diabetes, jantung dan lain-lain sehingga resiko tertular menjadi lebih tinggi dibanding warga biasa.

“Diharapkan bagi warga lansia agar dapat menjaga kesehatan dengan tertib, menggunakan masker apabila keluar rumah, sesering mungkin mencuci tangan, menghindari keramaian dan menjaga jarak,” pungkas Rio.

Di akhir sosialisasinya, Rio mencontohkan cara mencuci tangan dengan baik dan benar serta membagikan masker kepada para lansia yang hadir.

Koordinator Bidang Majelis Kesehatan PDA Deli Serdang, Asiyah Km.Spd mengarahkan para lansia agar sebisa mungkin berdiam di rumah dan tidak keluar rumah bila keadaan tidak penting serta membiasakan makan dengan makanan yang dimasak sendiri oleh keluarga dan untuk meningkatkan imun tubuh diusahakan untuk bisa berjemur di pagi hari sekitar 5-10 menit. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf karena kegiatan senam lansia dan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan setiap Ahad oleh Ketua Majelis Kesehatan, Rosnita Panjaitan dihentikan sampai batas yang belum ditentukan.

PDA Deli Serdang mengucapkan terima kasih kepada MCCC Kabupaten Deli Serdang atas kerja sama dalam pelaksanaan kegiatan ini. Gerakan kampaye ini merupakan kerja sama yang kedua yang sebelumnya telah disalurkan paket sembako kepada warga lansia Binaan Majelis Kesehatan PDA Deli Serdang yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumut. Mari bersama kita terus berdoa agar Pandemi Covid-19 ini segera hilang dari bumi yang kita cintai ini sehingga kita semua bisa kembali beraktivitas secara normal. Aamiin.

Sumber: sumut.aisyiyah.or.id