PDA dan Dinkes Kota Tegal Gelar Sosialisasi dan Deteksi Dini Kanker

27 Februari 2017 18:11 WIB | dibaca 853

 

(21/2) PDA Tegal melaksanakan rangkaian acara sosialisasi pencegahan dan deteksi dini kanker serviks dan payudara yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tegal. Acara yang dilaksanakan di Klinik Pratama 'Aisyiyah "Siti Hajar" ini diikuti oleh sekitar 52 peserta sosialisasi dan 42 orang yang melakukan tes IVA. Selain pemeriksaan IVA dan Sadarnis gratis, peserta yang hadir juga mendapatkan pengukuran body mass index dan konsultasi gizi.

Disampaikan oleh Leili Fitriyah selaku Koordinator Tim MAMPU 'Aisyiyah Tegal, kegiatan ini dapat terlaksana setelah 'Aisyiyah mendapatkan undangan koordinasi dari Dinas Kesehatan Kota Tegal. "Dalam rangka hari Kanker Sedunia, Dinkes berinisiatif mengadakan kegiatan dan mengajak 'Aisyiyah untuk bekerjasama" ungkap Leili. "Alhamdulillah biaya semua ditanggung Dinkes dan 'Aisyiyah yang bertugas mengumpulkan peserta serta menyediakan tempat" tambah Leili.

Selain sosialisasi dan pemeriksaan dalam hal kesehatan reproduksi, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MOU antara PDA Kota Tegal dengan Dinas Kesehatan dalam hal pencegahan kanker serviks dan kanker payudara di Kota Tegal. Menurut Leili hal tersebut merupakan bentuk komitmen bersama antara 'Aisyiyah Tegal dan Dinas Kesehatan Tegal. "MOU ini merupakan wujud nyata dari harapan yang disampaikan bapak Kabid saat koordinasi awal untuk kegiatan ini agar kerjasama dengan 'Aisyiyah bisa terus berlanjut" jelas Leili.

  

Harapan yang sama juga disampaikan ketua PDA Tegal Hj. Dewi Umaroh pada saat pembukaan kegiatan agar kerjasama 'Aisyiyah dan Dinkes bisa meluas tidak hanya dalam hal pencegahan penyakit tidak menular tetapi juga bisa bekerjasama di program KB, ASI juga program TB. Leili menyampaikan bahwa harapan ‘Aisyiyah dan Dinkes sudah sejalan sehingga kedepannya Insha Allah akan semakin banyak kegiatan dalam hal kesehatan yang bisa dilakukan ‘Aisyiyah dan Dinkes secara bersama-sama "Hal yang utama adalah agar Dinkes dapat selalu mendukung program-program 'Aisyiyah secara nyata karena sejatinya program-program 'Aisyiyah sejalan dengan program pemerintah," tambah Leili.  (Suri)