PDA Cirebon Gelar Pendidikan Peran Politik Perempuan

05 Maret 2018 11:30 WIB | dibaca 183

Perempuan dan laki-laki memiliki hak yang sama dalam berpolitik, akan tetapi sayangnya tingkat partisipasi perempuan di Indonesia masih tergolong rendah. Berdasarkan catatan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), tingkat partisipasi perempuan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017, hanya 44 perempuan dari total 614 calon kepala daerah di seluruh Indonesia. Artinya hanya 6,9 persen yang berpartisipasi dari 49,2 persen jumlah penduduk perempuan di Indonesia.

Meningkatkan pemahaman dan partisipasi politik bagi para perempuan juga menjadi salah satu perhatian 'Aisyiyah sebagai organisasi perempuan muslim berkemajuan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Cirebon yang menggelar pendidikan publik dengan tema PILKADA dan Peran Politik Perempuan dengan menghadirkan Syamsudin Kadir yang merupakan Direktur Eksekutif Mitra Pemuda Indonesia yang juga aktif sebagai penulis terkait politik di media nasional pada tanggal 18 Februari 2018 di kantor PDA Cirebon.

Disampaikan oleh Sri Ratna Istiqomah selaku Ketua PDA Cirebon bahwa kegiatan yang dilakukan bertepatan dengan kegiatan rutin bulanan PDA. "Biasanya kami memang menggelar pertemuan rutin bulanan antara PDA dengan PCA-PCA di Cirebon, akan tetapi untuk kali ini kami fokus memberikan materi tentang pendidikan politik dan juga menggundang Muhammadiyah dan para simpatisan" ujar Iis. Pada acara yang dihadiri oleh jajaran pengurus PDA, PCA, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan juga para simpatisan ini menurut Iis bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat Cirebon terutama para perempuan Cirebon. "Kita menginginkan agar teman-teman cabang dan ranting agar mengerti dan paham tentang ilmu politik dan nantinya bisa berbagi dengan para anggota agar lebih banyak perempuan bisa belajar bahkan masuk dalam ranah politik tersebut," papar Iis.

  

Rita Lindrayati selaku Sekretaris 2 PDA Cirebon menyampaikan bahwa materi yang disampaikan pada acara tersebut adalah tentang Pilkada seperti peningkatan pengetahuan tentang tahapan-tahapan Pilkada juga bagaimana mengenal para calon kepala daerah. Menurut Rita minimnya sosialisasi bisa jadi juga menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya partisipasi perempuan dalam politik, oleh karena itu 'Aisyiyah berinisiatif menggelar acara ini. (Suri)