PCA Ngampilan Adakan Pesantren Ramadan Bagi Guru Sekolah Anak Usia Dini

25 Mei 2019 14:49 WIB | dibaca 269

YOGYAKARTA -- Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Ngampilan laksanakan Pesantren Ramadan bagi guru dan kepala sekolah tingkat anak usia dini pada (25/05). Guru dan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak, Kelompok Belajar, Taman Pendidikan Al-Qur’an, serta Taman Asuh Anak yang berada di Cabang Ngampilan antusias ikuti Pesantren Ramadan tersebut. Kegiatan Pesantren Ramadan sendiri dilaksanakan di Aula lantai dua Kantor PP ‘Aisyiyah, jalan KH. Ahmad Dahlan nomor 32, Yogyakarta.

Ketua Majelis Dikdasmen PCA Ngampilan, Tri Hastuti mengatakan ingin mengenalkan Kantor PP ‘Aisyiyah dan mengajak para peserta untuk aktif di ‘Aisyiyah. "Kita sengaja adakan di sini untuk mengenalkan kantor PP 'Aisyiyah. Harapannya juga para peserta bisa aktif di 'Aisyiyah," tuturnya.

Selain itu, Tuti sapaan akrabnya menyebut Kegiatan Pesantren Ramadan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam rangka menerapkan pendidikan karakter di sekolah melalui materi yang diberikan. Adapun materi Pesantren Ramadan PCA Ngampilan berkaitan dengan penguatan ideologi dengan Ihwan Ahada, Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah sebagai pemateri pertama dari Kepribadian Warga Muhammadiyah. Aktualisasi risalah pencerahan melalui pendidikan karakter yang dibawakan oleh Mami Hajaroh, Anggota Majelis Pembinaan Kader PP ‘Aisyiyah, serta materi penguatan aqidah yang dibawakan Wiharto.

Tuti berharap kedepannya Kegiatan Pesantren Ramadan dapat rutin dilaksanakan setiap tahun dan memberikan manfaat bagi para peserta. “Harapannya isi kegiatan ini dapat diserap oleh peserta walaupun sedang berpuasa, sehingga kegiatan ini tidak sia-sia dan memberi manfaat kepada peserta,” ungkapnya. (AAM)