Musypimwil II, Ketua PWA Jatim Berikan Apresiasi Untuk PDA

06 Januari 2020 10:09 WIB | dibaca 227

Surabaya -- Ketua Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Jawa Timur, Dra. Siti Fadilah Candrawati mengapresiasi kehadiran perwakilan seluruh Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) se-Jatim dalam Musyawarah Pimpinan Wilayah (Musypimwil) II yang digelar di Balai Diklat Keagamaan Kota Surabaya, Jalan Ketintang Madya nomor 92, Surabaya.

Candra, sapaan akrabnya merasa apresiasi perlu diberikan mengingat militansi dari jajaran pimpinan PDA di Jatim yang rela menyempatkan waktu untuk mengikuti kegiatan yang digelar selama dua hari pada 4-5 Januari 2020 ini. Bahkan sebelum acara dimulai pukul 09.00, para peserta telah ada yang datang sejak pukul 03.00 dini hari.

"Yang sudah ada sejak jam tiga dini hari datang paling jauh dari Pacitan, maka itu kami berikan apresiasi. Lalu juga dari Jember, Banyuwangi, Ngawi, dan seluruh Jawa Timur insyaAllah semuanya sudah ada di tempat ini," jelas Candra dalam sambutannya.

Musypimwil kali ini mengusung tema Dinamisasi Gerakan Menebar Islam Berkemajuan. Candra menuturkan kegiatan Musypimwil II ini merupakan refleksi tentang apa saja yang telah dilakukan untuk umat sekaligus memecahkan problem dan mencari solusinya. "Untuk gerakan umat, saya yakin seluruh PDA hingga tingkat ranting sudah melakukannya. namun untuk pendataannya kia masih minim. inilah tantangan kiota saat ini," tuturnya kemudian. Candra berharap dengan Musypimwil ini semoga menjadi amal kebaikan bagi seluruh peserta dan terus menjaga militansi setiap kader 'Aisyiyah. 

Ketua panitia Musypimwil, Dr. Akhtim Wahyuni, M.Ag menjelaskan, Kegiatan yang ini bertujuan untuk merumuskan program kerja Aisyiyah serta menyampaikan materi penguatan bagi kader 'Aisyiyah menyongsong Musyawarah Wilayah. "Mudah mudahan kegiatan ini bisa merumuskan kegiatan-kegiatan sampai menyongsong Musyawarah Wilayah kedepan, tentu ini kegiatan yang membawa manfaat pada umat khususnya di Jawa Timur," jelas Akhtim di sela sambutannya.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jatim, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc ini diikuti oleh sekitar 350 orang peserta yang berasal dari seluruh jajaran PWA Jatim, 38 Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) se-Jatim, dan pimpinan amal usaha 'Aisyiyah se-Jatim, perwakilan IGABA Jatim dan AMM Putri tingkat wilayah. Emil turut mengapresiasi gerakan 'Aisyiyah yang terus berusaha melaju sesuai zaman, termasuk di era revolusi industri saat ini.

Mantan Bupati Trenggalek ini juga berharap 'Aisyiyah sebagai gerakan perempuan Islam mampu merevitalisasikan tema yang diusung melalui gerakan dakwahnya. 

Sebelum masuk agenda sidang pleno yang membahas tentang dinamika atau problem daerah, seluruh peserta mendapatkan materi untuk menambah wawasan dan inspirasi gerakan dalam mewujudkan dakwah Islam yang sebenar-benarnya melalui 'Aisyiyah. Mereka di antaranya, Maryia Kelly selaku Public Affairs Associate of US Consulate General Surabaya, Dr. Tri Soesantari, M.Si yang kesehariannya sebagai dosen, peneliti dan pegiatn gender.

Keduanya memaparkan bagaimana 'Aisyiyah juga dapat berkemajuan seperti yang mereka lakukan. Maryia Kelly aktif dalam pendampingan korban trafficking hingga pemberdayaan perempuan di beberapa negara. 

Sumber: jatim.aisyiyah.or.id