Muhammadiyah Berperan Ubah Citra Islam di Dunia

25 Mei 2016 12:21 WIB | dibaca 2819

 

aisyiyah.or.id, Yogyakarta- Guru Besar Filsafat Franz Magnis Suseno mengatakan citra Islam di dunia saat ini telah dibajak oleh para ekstrimis. Padahal Muhammadiyah melalui gerakan dan kerja di lapangan telah menunjukan realitas Islam sebagai agama moderat yang memiliki kekuatan sosial untuk menstabilkan, memajukan, dan mengamankan.

“(saya) ingin menantang Muhammadiyah (mengubah citra). Muhammadiyah lahir dari spirit berkemajuan dan modernisasi. Dan Muhammadiyah fokus pada pendidikan, selalu hadir di Indonesia. Kita tahu pendidikan sangat berpengaruh,” papar sosok yang akrab disapa Romo Magnis tersebut.

Dalam seminar Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan (KNIB) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa (24/05), Franz Magnis juga berharap keterlibatan Muhammadiyah dalam mencegah upaya ekstrimis akan ikut menstabilkan Indonesia. Menurutnya, sekalipun ada beberapa kasus serangan bom, Indonesia saat ini masih terhitung aman dibanding negara lain yang sedang berkonflik.

Franz Magnis menambahkan, kondisi tersebut bisa dijaga jika nilai-nilai Islam moderat terus disosialisasikan melalui berbagai cara. Salah satunya lembaga pendidikan yang ada di Muhammadiyah. [Mids]