MPK PP 'AISYIYAH LAHIRKAN 46 FASILITATOR BAITUL ARQAM GURU TK ABA

12 April 2013 18:37 WIB | dibaca 896

 

Sabtu (9/3), Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Pusat 'Aisyiyah menggelar Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainer) Baitul Arqam bagi guru TK ABA. Dalam program ini, DIY dijadikan pilot project untuk Baitul Arqam Amal Usaha Pendidikan 'Aisyiyah, khususnya pendidikan anak usia dini.

MPK Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah DIY mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan agar peserta memiliki kemampuan yang memadai untuk menjadi fasilitator Baitul Arqam para Guru TK ABA. “Lebih khusus, dalam dua hari ke depan peserta didorong untuk memiliki kemampuan merancang dan mengelola Baitul Arqam di institusi masing-masing”, ucap Nur Rosyidah, Ketua MPK PWA-DIY.

Sebagai pengelola, MPK PP ‘Aisyiyah berupaya mewujudkan Gerakan Baitul Arqam Nasional yang diamanatkan oleh Muktamar 'Aisyiyah 46 di Yogyakarta. Termasuk di dalamnya adalah optimalisasi pembinaan kader melalui pilar perkaderan amal usaha Aisyiyah. “Kurang lebih ada 750 TK ABA di-DIY, sehingga dibutuhkan pengelola Baitul Arqam yang memadai dari segi kuantitas maupun kualitas, terutama dikalangan anggota MPK”, tutur Evi Sofia Inayati selaku MoT (Master of Training).

Ketua PP 'Aisyiyah Shoimah Kastolani menyatakan apresiasi sepenuhnya terhadap pelatihan ini. Menurutnya, pendidik merupakan profesi strategis dalam mengantarkan anak-anak bangsa menjadi cerdas, terampil dan berkepribadian luhur. “Bayangkan jika apa yang pendidik ajarkan ‘salah’, maka akan muncul generasi yang ‘salah’ dalam memahami ilmu”, paparnya saat memberikan pengarahan kepada peserta ToT di Kampus Stikes 'Aisyiyah, Serangan-Yogyakarta.

Upaya pengembangan kualitas anggota dan kader sebagai pelaku gerakan yang memiliki keunggulan kualitas dan komitmen dalam perjuangan membuat MPK PP 'Aisyiyah terus memperlebar kerjasama dengan berbagai Majelis. “Saat ini kami fokus pada bidang pendidikan anak usia dini, bisa jadi tahun depan kami juga bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Tinggi & Lingkungan Hidup untuk mengelola SDM di tingkat Perguruan Tinggi 'Aisyiyah maupun di amal usaha sosial serta kesehatan”, tutup Fauziyah Tri Astuti saat memberikan sambutan mewakili Majelis Pembinaan Kader PP 'Aisyiyah. [.]