Milad 'Aisyiyah, Syukuri dan Dinamis Bergerak

30 Juni 2019 18:00 WIB | dibaca 443

 

Semangat untuk terus berdakwah amar ma'ruf nahi munkar sangat terasa di gelaran Tabligh Akbar yang dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kabupaten Tulungagung dalam rangka memperingati Milad 'Aisyiyah ke 105 H/102 M pada Minggu (30/6).

Tenda acara yang terpasang di GOR Lembu Peteng ini terlihat penuh semarak dengan hadirnya lebih dari empat ribu warga persyarikatan baik 'Aisyiyah, Muhammadiyah serta ortom lain dan juga tamu undangan dari pemerintah maupun unsur masyarakat yang lain.

Pada sambutannya, Ketua Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Kabupaten Tulungagung, Siti Alfiyah menyampaikan mengenai kerja-kerja yang telah 'Aisyiyah Tulungagung lakukan semenjak 38 tahun berdirinya. Siti Alfiyah mengungkapkan bahwa di Tulungagung telag berdiri 14 cabang 'Aisyiyah dari 19 kecamatan yang ada, berdiri 26 TK ABA, 5 Kelompok Bermain, 3 Taman Penitipan dengan sejumlah 1500 murid dan 155 guru. 'Aisyiyah Tulungagung telah mendirikan pula Klinik Pratama 'Aisyiyah, Swalayan Surya Sakinah, dan koperasi As Sakinah yang telah berbadan hukum.

"'Aisyiyah Tulungagung juga turut berkontribusi dalam bidang kesehatan dengan adanya kerjasama pencegahan TB HIV dan TB RO, penghijauan dengan menanam 6 ribu pohon di kecamatan Besuki, 80 ribu pohon di Kecamatan Sendang." Siti Alfiyah menyatakan harapannya agar ibu-ibu warga 'Aisyiyah terus bersemangat dalam berjuang bagi pergerakan 'Aisyiyah.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tulungagung, Anang Imam menyampaikan bahwa di usianya yang 105 dan 38 tahun di Tulungagung, telah banyak hal yang dilakukan 'Aisyiyah dan semua dilakukan dengan niatan dakwah amar ma'ruf nahi munkar. Menurut Anang dakwah amar ma'ruf nahi munkar merupakan bidang garapan seluruh warga persyarikatan dan semua bersinergi untuk mencapai tujuan Muhammadiyah yakni terciptanya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Kabag Kesra, Suyadi yang hadir menggantikan Bupati Tulungagung juga sangat mengapresiasi kerja-kerja yang telah 'Aisyiyah lakukan. "Pemerintahan Kabupaten Tulungagung berharap semoga 'Aisyiyah akan semakin banyak memberikan kontribusi khususnya di bidang pendidikan."

Melihat meriahnya tabligh akbar yang digelar PDA Kab.Tulungagung serta banyaknya apresiasi atas kerja 'Aisyiyah, Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah mengucapkan syukur. "Apa yang sudah ibu-ibu 'Aisyiyah lakukan ini sesungguhnya sudah mencerminkan tema milad yakni Aktualisasi Risalah Pencerahan untuk Dakwah Melintas Batas."

Akan tetapi menurut Noordjannah bersyukur saja tidaklah cukup. Ia juga mengajak segenap warga persyarikatan agar tidak henti melaksanakan amar ma'ruf nahi munkar. "Bersyukur itu dinamis, mendapat ridho Allah itu tidak apatis tetapi kita harus terus berbuat amar ma'ruf nahi munkar."

Noordjannah mengajak seluruh warga persyarikatan untuk bersama bergandeng tangan menghadapi banyak hal yang menjadi problem bangsa. "Mari kita syukuri dan memperluas dakwah kita, kita wujudkan dengan cara bergotong royong untuk kepentingan dakwah amar ma'ruf nahi munkar dan mencari ridho Allah SWT. (Suri)