Menyadarkan Konsumen akan Hak Tersedianya Produk Unggas Sehat

24 September 2012 17:55 WIB | dibaca 892

 

‘Aisyiyah kembali melanjutkan Program Pemberdayaan Konsumen untuk Produk Unggas Sehat bekerjasama dengan SAFE di 8 kabupaten di Jawa Barat dan 2 kabupaten di Banten. Kedelapan kabupaten di Jawa Barat tersebut, yaitu: Bandung, Bandung Barat, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Sukabumi, dan Bogor. Adapun 2 kabupaten di Banten meliputi Serang dan Lebak.

Kali ini, para fasilitator dan motivator ‘Aisyiyah selaku para pemimpin lokal di masyarakat masih tetap akan melakukan sosialisasi tentang pemberdayaan konsumen untuk produk unggas sehat di komunitas, tentu dengan jangkauan komunitas yang lebih luas dan materi yang lebih variatif. Selain itu, para fasilitator dan motivator ‘Aisyiyah juga akan memperluas jangkauan sosialisasi dengan mengadakan pengajian di pasar yang diikuti oleh para pedagang pasar, terutama para pedagang unggas terkait etika bisnis Islami dengan memperhatikan kriteria produk unggas sehat.

Di samping melakukan sosialisasi pemberdayaan konsumen melalui komunitas di masyarakat maupun di pasar, para fasilitator dan motivator akan mengajak para konsumen untuk lebih aktif mendesakkan haknya akan ketersediaan produk unggas sehat. Upaya tersebut dilakukan dengan kegiatan kunjungan ke pasar maupun even kampanye bersama mitra SAFE lain di pasar.

Tantangan dakwah advokasi ‘Aisyiyah ternyata semakin beragam, termasuk dalam hal pemberdayaan konsumen. Bukan hanya muballighat ‘Aisyiyah di 10 kabupaten yang bisa melakukan hal serupa. Para muballighat ‘Aisyiyah di seluruh Indonesia dapat pula melakukan hal yang sama sekaligus dalam kerangka mewujudkan gerakan qaryah thayyibah. Apalagi, saat ini sudah tersedia buku “Materi Pengajian tentang Pemberdayaan Konsumen untuk Produk Unggas Sehat” yang bisa menjadi pegangan bagi para muballighat motivator.(HNS)