MEK PWA DIY Gelar Pelatihan Shibori di SLB Parayuwana

08 Agustus 2018 09:23 WIB | dibaca 224


 

Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan pelatihan shibori di SLB Parayuwana, Yogyakarta (6/8). Menurut Enggarwati selaku Wakil Ketua MEK PWA DIY, pihaknya sering mengadakan pelatihan baik untuk Pimpinan Daerah maupun Cabang 'Aisyiyah wilayah DIY maupun untuk pihak luar, akan tetapi pelatihan shibori yang digelar di SLB Parayuwana ini spesial. "Pelatihan ini merupakan salah satu wujud bakti sosial kami kepada masyarakat," ujar Enggar.

Erna Ningsih, EF selaku Kepala Sekolah SLB Parayuwana pada saat pembukaan acara mengakui sangat bersyukur atas pelatihan yang diberikan oleh MEK PWA DIY ini. "Insya Allah ilmu ini bisa bermanfaat bagi kami, dan mudah-mudahan kami bisa mengambangkan dan semoga bisa memandirikan anak juga jika dapat dikembangkan menjadi bisnis atau home industry," ujar Erna.


 

Shibori sendiri adalah seni melipat dan pewarnaan kain sehingga membentuk beragam motif cantik. Muryani selaku Sekretaris MEK PWA DIY menyampaikan bahwa seni shibori ini sangat mudah dan pengembangannya tanpa batas. 'Shibori itu pelatihan cukup sekali, pengembangan bentuk dan warnanya bisa bervariasi tergantung tangan ibu-ibu sendiri," papar Muryani.

MEK PWA DIY berharap bahwa pelatihan shibori yang dilakukan bisa memberi manfaat bagi belasan guru dan murid yang menerima pelatihan dan bersedia memberikan pendampingan lebih lanjut jika pihak sekolah membutuhkan. (Suri)