Majelis Hukum dan Ham PP 'Aisyiyah Juarai Lomba Kadarkum

11 Agustus 2019 10:29 WIB | dibaca 107

 
 
Majelis Hukum dan Ham (MHH) Pimpinan Pusat (PP) 'Aisyiyah meraih juara 1 Lomba Keluarga Kesadaran Hukum (Kadarkum) Tingkat Pusat 2019 yang digelar oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementrian Hukum dan HAM RI. Dilansir dari website lsc.bphn.go.id, lomba yang dilaksanakan pada 7-9 Agustus 2019 ini merupakan salah satu perwujudan dari tugas dan fungsi BPHN dalam melakukan pendampingan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum). Disebutkan bahwa hadirnya kelompok-kelompok Kadarkum ini menjadi ujung tombak penyebaran informasi ke masyarakat yang lebih luas demi terciptanya masyarakat sadar hukum yang menjadi cita-cita BPHN.
 
Lomba kadarkum merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum BPHN, diselenggarakan setiap 4 (empat) tahun sekali. Tahun pertama Lomba Kadarkum diselenggarakan di tingkat kecamatan, tahun kedua lomba kadarkum diselenggarakan di tingkat kabupaten/kota. Tahun ketiga lomba kadarkum diselenggarakan di tingkat provinsi, dan tahun keempat lomba kadarkum diselenggarakan di tingkat nasional.
 
  
 
Pada lomba Kadarkum tingkat nasional ini diikuti oleh 20 organisasi perempuan tingkat nasional dimana juara 1 diraih oleh 'Aisyiyah, juara 2 diraih Muslimat Nahdlatul Ulama, juara 3 diraih Ikatan Istri Dokter Indonesia, dan juara harapan diraih Ikatan Istri Sarjana Peternakan Indonesia. 
 
Henni Wijayanti, dari MHH PP 'Aisyiyah yang juga selaku ketua tim lomba Kadarkum kelompok 'Aisyiyah menyampaikan bahwa dengan mengikuti lomba Kadarkum ini pengurus 'Aisyiyah menjadi lebih memahami substansi yang diatur dalam beberapa Undang-Undang yang menjadi materi lomba. "Kami juga dapat memanfaatkan pengetahuan yang di dapat dari lomba ini untuk melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan terkait di lingkungan 'Aisyiyah dan masyarakat."
 
'Aisyiyah sebagai juara 1 lomba Kadarkum Tingkat Nasional ini secara otomatis akan menjadi peserta Kadarkum Tingkat Nasional tahun 2020. Henni berharap MHH 'Aisyiyah akan bisa semakin berprestasi serta membawa maanfaat yang nyata bagi masyarakat luas. 
 
Materi lomba yang akan disajikan kepada peserta lomba baik tingkat provinsi maupun tingkat pusat adalah: Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2008 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2002 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme Menjadi Undang-Undang. (Suri)