LLHPB PWA NTB Jalankan Program Atasi Dampak Covid-19

07 Agustus 2020 12:18 WIB | dibaca 68

NTB -- Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) ‘Aisyiyah bekerjasama dengan The Asia Foundation (TAF) mengembangkan progran “Kelentingan Keluarga dan Komunitas” dalam rangka menanggulangi dampak pandemi Covid-19. Program ini melibatkan 16 Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) se-Indonesia termasuk PWA Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui LLHPB.

Adapun output dari program tersebut di antaranya melaksanakan proses edukasi kesehatan, lingkungan hidup dan pendidikan bagi warga masyarakat melalui inovasi ketahanan pangan berupa composting, ternak, dan pertanian sayur. PWA NTB sendiri mengadakan program budidaya lele dan kangkung dalam ember di Lombok Timur.

Untuk sosialisasi penguatan resiliensi keluarga di tingkat nasional, Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah telah menyelenggarakan webinar nasional bersama para tim dari PWA yang  terlibat dalam program ini. Tim dari PWA NTB terdiri dari enam orang, yaitu Tri Nuryanti, S.Pd sebagai  Program Manager Wilayah; Dr.Ir. Lolita Endang Susilawati sebagai Koordinator Penyusun Buku Pembalajaran Praktik Baik, Aulia Amini, S.ST, M.Keb sebagai Staf Keuangan;  Qonita, S.Pd sebagai Staf Administrasi; Nurul Savika, S.Ap sebagai Reporter/Penulis Berita Aktifitas Kegiatan, dan Dr. Nikmatullah sebagai Pengelola Website dan Sosial Media. Program Kelentingan Keluarga dan Komunitas ini akan berlangsung selama tiga bulan, dari Juli hingga Oktober 2020.

Selain program tersebut di atas, LLHPB PWA NTB telah melaksanakan beberapa program penanganan Covid-19 yang bekerjasama dengan Muhammadiyah Covid-19 Command Center  (MCCC) dan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) sejak april 2020. Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan adalah penyemperotan disinfektan di seluruh kantor, masjid, dan amal usaha Muhammadiyah; pembagian masker dan hand sanitizer kepada masyarakat umum; dan melakukan ketahanan pangan dengan membagi sembako kepada guru-guru di amal usaha Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. (Nikmah/AAM)

Sumber: ntb.aisyiyah.or.id