LLHPB PWA Banten Memetik Hasil Panen dari Halaman Rumah

12 Oktober 2020 10:00 WIB | dibaca 27

 
Tidak ada yang membahagiakan ketika jerih payah dan keringat terbayar sudah ketika kita dapat memetik hasil panen tanaman dari halaman rumah. Begitulah pernyataan dari para pendamping PDA Kota Serang (PCA Cipocok Jaya, PCA Serang, dan PCA Taktakan) PDA Kab. Serang (PCA Pontang, PCA Carenang, dan PCA Kragilan) PDA Kota Cilegon (PCA Cilegon, PCA Cibeber, dan PCA Citangkil). Sungguh pengalaman yang baru dan harus memiliki kesabaran untuk melewati prosesnya karena tidak ada proses yang mengkhianati hasil.
 
Para pendamping bisa tersenyum karena hasil panen berhasil mereka petik diantaranya tanaman kangkung, bayam, tomat, sawi, pokcoy, empon-empon dapat dimanfaatkan bagi para pendamping dan peserta serta keluarga. 
 
Perwakilan PDA Kota Serang Ibu Ani Monding mengungkapkan kesannya dari hasil panen halaman rumah, “Menanam itu tidak semua orang mampu, karena bercocok tanam itu harus memiliki passion begitu juga kita harus menghargai para petani sayur.” ungkapnya. Menurutnya, ketika kita memiliki passion harga sayur kangkung yang biasa di beli di warung dengan harga 2000-3000/ikat akan berbeda ketika kita melewati prosesnya hingga hasil tanaman kita berhasil. “Jangan sekali-kali melakukan tawar menawar dengan petani sayur karena menanam sayur tidaklah mudah.” tegasnya. 
 
Begitu juga dengan perwakilan PDA Cilegon, Mahsunah,  yang menjelaskan bagaimana program HaRum dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. “Kami mengintegrasikan program HaRum dengan menjadikannya sebagai media pembelajaran di siswa SMP Islam Ar-Rochmah Cilegon, sebanyak 75 siswa menanam benih di rumahnya masing-masing.” ungkapnya. Beliau juga berharap agar kegiatan ini tidak berhenti sampai disini namun masih berlanjut dan menebar ilmu bercocok tanaman dengan memanfaatkan halaman rumah.