LLHPB Dorong Ketahanan Pangan Guru TK ABA

13 Agustus 2020 13:51 WIB | dibaca 68

 
YOGYAKARTA - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat 'Aisyiyah (PPA) melalui Program Keluarga Lenting bekerja sama dengan Asia Foundation berupaya mendukung ketahanan pangan di kalangan Guru TK ABA di masa pandemi. Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) DIY berkesempatan mengunjungi TK ABA Serayu dan TK ABA Bogoran, Bantul untuk memberikan pelatihan budi daya sayuran dengan metode tanam hiroponik dan aquaponik, Senin (10/08).
 
Rokini, Ketua Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Bantul menyampaikan rasa terimakasih atas bantuan yang diberikan. "Semoga program tidak diberikan begitu saja, tapi juga 'dikaruhke' (red. Diperhatikan dan dipantau), supaya tidak terbengkalai", ujarnya. Rokini juga menyampaikan harapannya supaya program Keluarga Lenting melalui sumbangan alat hidroponik dan aquaponik dapat memberi semangat kepada Guru TK ABA untuk mengembangkan, dan juga dapat memberdayakan limbah untuk mendukung kegiatan budi daya ini.
 
Dihadiri Surria Dwiwahyu, perwakilan LLHPB PPA menyampaikan bahwa pelatihan dan penyerahan bantuan media tanam ini hanya sebagai pancingan. "Bantuan hanya sebagai pemantik, sehingga perlu dilakukan pengembangan secara mandiri, jadi programnya bisa berlanjut", tambahnya. Perkembangan kegiatan akan dilaporkan secara berkala, sehingga dapat dipantau keefektifan program ini.
 
Sebagai lanjutan dari kegiatan ini, Surria menyampaikan dalam sambutannya, "Selanjutnya kami akan adakan webinar berkenaan dengan kelanjutan kegiatan ini, diharap ibu-ibu perwakilan dari TK ABA juga ikut bergabung di pelatihan daring". Upaya ini dilakukan supaya koordinasi dan pelatihan program tidak terhenti walaupun dalam masa pandemi.