LLHPB 'Aisyiyah Tingkatkan Ketahanan Pangan melalui Hidroponik dan Aquaponik

13 Agustus 2020 14:23 WIB | dibaca 85

 
YOGYAKARTA - Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Kabupaten Kulonprogo menerima bantuan peralatan hidroponik dan aquaponik dari Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) 'Aisyiyah. Melalui Program Gerakan Keluarga Lenting, LLHPB Pimpinan Pusat 'Aisyiyah (PPA) bekerja sama dengan The Asia Foundation (TAF) ingin mewujudkan ketahanan pangan di kalangan keluarga 'Aisyiyah dimulai dari lingkungan sekolah. LLHPB bersama Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) DIY berkesempatan mengunjungi TK ABA Kasian 2 dan TK ABA Bendungan, sebagai perwakilan sekolah atas rekomemdasi Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikasmen) 'Aisyiyah.
 
Selain penyerahan bantuan alat media tanam, 60 bibit sayuran dan 200 ekor ikan lele kepada pihak sekolah, sejumlah Guru TK ABA Kasian 2 dan Bendungan juga mendapat pelatihan menanam dan perawatan tanaman. Tujuannya kegiatan ini adalah guna mengembangkan wawasan masyarakat tentang cara bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik dan beternak ikan dengan teknik aquaponik. Sebagai upaya keberhasilan teknik ini, peserta pelatihan juga diajarkan bagaimana cara menyemai dan pembibitan.
 
Dihadiri perwakilan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Kabupaten Kulonprogo, Chotimah menyampaikan, "Kedepannya Kulonprogo akan menindaklanjuti program ini dan bisa dilakukan oleh seluruh Guru TK ABA di Kulonprogo". Ia juga menyampaikan rasa terimakasih atas kunjungan dan kepercayaan dari PWA DIY yang telah menyempatkan untuk berkunjung dan memberikan bantuan.
 
Pada kesempatan lain, Yuni Purwati dari PWA DIY menyampaikan tujuan jangka panjang kegiatan ini adalah dapat terwujudnya Greenschool dan kemandirian keluarga 'Aisyiyah melalui ketahanan pangan. "Melalui media tanam hidroponik dan aquaponik yang cukup mudah dilakukan, harapan saya nantinya hasil panen akan dapat dimanfaatkan oleh guru TK ABA sekeluarga, atau bahkan bisa dimamfaatkan oleh seluruh warga TK ABA Kasian 2 dan Bendungan", ungkapnya.