LLHPB 'Aisyiyah Riau Sukses Gelar Webinar Tentang PHBS

11 September 2020 15:55 WIB | dibaca 24

Lembaga Lingkungan Hidup dan Penangulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah (PWA) Riau sukses menyelenggarakan Webinar jilid 3 pada Selasa, (8/9). Webinar Kelentingan Keluarga bertemakan "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Masa Pandemi COVID-19" ini diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah. 

Diketahui hingga saat ini penyebaran virus Covid-19 masih mengalami peningkatan. Hal tersebut terjadi salah satunya karena pola hidup sehat yang kurang diperhatikan. Melihat kondisi itu, LLHPB Riau dalam webinar kali ini mengupas secara rinci untuk menjadikan Keluarga Tangguh dikala pandemi dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi.

Dipandu oleh moderator Elli Mardiah dari Majelis Kesehatan PWA Riau, LLHPB Riau menghadirkan pembicara drg. Hj. Helda Suryani Munir selaku Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Riau sekaligus Staf Ahli Wali Kota Pekanbaru Bidang Kemasyarakatan dan SDM. Selain itu juga menghadirkan pemantik dari LLHPB Riau yakni Dr. Wirdati Irma, S.Pd., M.Si. Ia mengatakan bahwa keluarga menjadi kunci mendisiplinkan PHBS untuk diterapkan menjadi kebiasaan, terutama dalam masa pandemi ini, sehingga tetap lenting.

Sementara itu, untuk mewujudkan keluarga lenting, kata Helda, ada 10 indikator yang harus diterapkan dalam menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga. Seperti, proses persalinan dibantu dengan tenaga kesehatan (nakes), bayi diberi ASI eksklusif, balita ditimbang secara teratur, menggunakan air besih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok didalam rumah.

Selain itu, perilaku hidup bersih dan sehat selama pandemi ini juga dapat dilakukan dengan cara menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan menggunakan masker setiap hari.

"Memakai masker itu sangat penting untuk mencegah penularan virus. Kita sebagai ibu-ibu rumah tangga didalam keluarga harus selalu memberi pemahaman mengenai pencegahan penularan virus, salah satunya dengan menggunakan masker dengan tepat," kata Helda yang juga merupakan Ketua Majelis Kesehatan PWM Riau.

Sumber: llhpb.aisyiyah.or.id