Launching GISI Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Mempawah

08 November 2016 11:43 WIB | dibaca 1055

 

Sekitar 500 orang memadati Taman Mempawah dalam kegiatan Pink Blue Day yang diadakan oleh Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Mempawah pada Sabtu (29/10). Kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan bulan Oktober sebagai bulan peduli kanker payudara. Surya Surhayanti selaku tim program MAMPU-'Aisyiyah menyampaikan bahwa "Kegiatan Pink Blue Day dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian 'Aisyiyah terhadap kanker payudara dan juga kanker serviks yang menjadi penyakit kanker penyebab kematian terbanyak perempuan di Indonesia."

Surhayanti menambahkan bahwa dalam kegiatan Pink Blue Day juga dilaksanakan launching program GISI 'Aisyiyah daerah Mempawah yang bekerjasama dengan Lazismu Mempawah. "GISI atau Gerakan Infaq Sayang Ibu adalah suatu gerakan dimana nanti dana yang terkumpul dari zakat, infaq, shodaqoh akan diperuntukan bagi kepentingan kesehatan reproduksi ibu dan perempuan Indonesia."

Launching GISI ditandai dengan penandatanganan MoU 'Aisyiyah Mempawah yang diwakili oleh Dwi Suhartini selaku Ketua Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Mempawah dan Rahmat Effendi selaku Ketua Lazismu Mempawah yang juga sekaligus Camat Sungai Pinyuh. Dari program GISI ini 'Aisyiyah Mempawah berharap bisa membantu kaum perempuan yang tidak memiliki akses ke layanan kesehatan terutama untuk masalah kesehatan reproduksi. Sedangkan Lazismu berharap dengan adanya program GISI ini bisa bermanfaat bagi kaum fakir miskin serta kaum perempuan yang termarjinalkan.                       

Surhayanti menyampaikan bahwa ia sangat optimis akan kemanfaatan program GISI ini karena dari beberapa temuan tes IVA yang sudah dilakukan oleh 'Aisyiyah ada beberapa terduga kanker serta ada beberapa yang IVA positif. "Terlebih dari beberapa pasien tersebut ada beberapa yg tidak mendapatkan jaminan kesehatan, padahal mereka termasuk kategori yang layak menerima" lanjut Surhayanti.

Acara yang dihadiri Asisten 3 Kabupaten Mempawah, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, GOW, PWA, PWM, PDM, PDA serta Kepala Desa dan Camat daerah program MAMPU 'Aisyiyah ini juga mendapat apresiasi dari pemerintahan setempat karena program 'Aisyiyah ini turut mendukung program pemerintah terkait kesehatan reproduksi.

Serangkaian acara dilaksanakan oleh 'Aisyiyah dalam rangka pink blue day ini termasuk kegiatan pink blue day yang dilaksanakan di enam desa yang ada di Mempawah sejak tanggal 18-20 Oktober. Pada acara puncak Pink Blue Day juga dilaksanakan kegiatan jalan sehat, lomba pengetahuan kanker payudara dan kanker serviks, penandatanganan komitmen GISI, temu bisnis serta bazar produk BUEKA. (SPU)